free page hit counter

Sinergitas Pusat Daerah, Presiden Jokowi Adakan Pertemuan Terlengkap

Loading...

TANJUNGPINANG (suarasiber) – Rakornas antara pemerintah pusat dan Forkopimda se Indonesia di Sentul Internasional Convention Centre (SICC), Bogor, Rabu (13/11/2019) menjadi pertemuan terlengkap bagi Presiden Jokowi.

Disebut demikian lantaran dihadiri oleh seluruh Forkopimda se-Indonesia. Dan dengan formasi lengkap ini sehingga diharapkab bisa terbangun satu garis lurus dalam membangun, dari pusat sampai ke daerah.

“Mari kita bersinergi. Dengan kondisi politik kita yang sangat baik ini, mari sama-sama kita jaga. Mari kita bangun kebersamaan. Tidak lagi saling jegal, tidak lagi saling menyalahkan. Yang ada kita sama-sama benahi investasi, baiki ekonomi dan regulasi,” kata Jokowi.

Presiden berpesan kepada daerah untuk tidak menyepelekan atas setiap persoalan, sekecil apapun itu. Namun harus selalu responsif, peka dan tanggap dengan setiap persoalan yang terjadi di masyarakat.

Rakornas ini dibuka langsung oleh Presiden RI Joko Widodo yang dihadiri juga oleh Wakil Presiden RI Ma’ruf Amin. Jokowi sendiri memperingatkan agar aparat penegak hukum, termasuk Kapolda, Kapolres, Kajati, hingga Kajari untuk ikut mendukung masuknya investasi ke daerah.

Salah satu peserta Rakornas ini ialah Plt Gubernur Kepri H Isdianto dan seluruh pejabat Forkopimda Kepri, juga pejabat Forkopimda kota dan kabupaten se-Kepri.

Diantaranya Ketua DPRD Kepri Jumaga Nadeak, Danrem 033/WP Brigadir Jenderal TNI Gabriel Lema S Sos, Kapolda Kepri Irjen Pol Andap Budhi Revianto dan Kajati Kepri Edy Birton SH MH.

Disampaikan Isdianto jika tujuan rapat ini adalah untuk menciptakan sinergitas dari tingkat pusat sampai ke daerah.

Menyatukan pandangan Pemda dan Forkopimda penting agar nyambung antara apa yang diinginkan daerah dan pusat.

“Pemerintah pusat sekarang membangun dari daerah (bottom up). Dan sinergisitas ini menjadi sebuah keharusan,” kata Isdianto.

Acara yang bertujuan untuk mensinkronisasi Program Prioritas Nasional ini dibagi dalam delapan sesi. Per sesinya diisi oleh narasumber dari Kementerian maupun Lembaga yang memaparkan pokok pikirannya terkait Program Prioritas Nasional yang dicanangkan Pemerintah Presiden Joko Widodo dan Ma’ruf Amin kedepan.

Materi-materi tersebut meliputi kebijakan strategis 2020-2024, pembangunan SDM, pembangunan insfrastruktur, transformasi ekonomi I, penyederhanaan regulani dan reformasi birokrasi, transformasi ekonomi II, lenegakan hukum dan keamanan dan pengawasan. (mat)

Loading...