Kunjungi Kampung Pelangi di Korsel, IG Presiden Jokowi Langsung Dikomentari Gubernur Ganjar

Loading...

TANJUNGPINANG (suarasiber) – Presiden Jokowi yang tengah lawatan kenegaraan ke Korea Selatan menyempatkan diri mengunjungi Desa Gamcheon yang kini dijuluki Machu Picchu-nya Busan.

Di unggahan Instagram @jokowi pada 24 November 2019 ini, terlihat Presiden beserta Ibu Negara Iriana Joko Widodo duduk di bangku dari balkon sebuah kafe. Di hadapan terbentang keindahan Desa Gamcheon.

Presiden, dalam tulisannya, tertarik datang ke sini karena dahulu Desa Gamcheon adalah kawasan kumuh. Sudahlah kumuh, letaknya pun sulit dijangkau. Berada di lereng gunung yang curam.

Namun desa ini kemudian berbenah, ditata dan diberdayakan.

Jadilah Gamcheon Culture Village sebagai salah satu tujuan wisata yang ramai, bahkan dikenal dengan sebutan “Machu Picchu-nya Busan”. Mengisi hari Minggu di Busan, saya mengunjungi desa budaya Gamcheon selepas siang tadi. Luar biasa. Rumah-rumah yang dicat berwarna-warni, dinding-dindingnya dihiasi beragam karya seni seperti mural. Jalan-jalan dan lorongnya yang sempit dipenuhi toko cenderamata, galeri seni, dan tempat makan.

Apa yang dilihat di Desa Gamcheon kemudian mengingatkan Presiden Jokowi akan model serupa yang dilakukan di Indonesia. Diantaranya yang ada di Klaten, Yogyakarta, atau di Nglanggeran, Gunung Kidul.

Presiden berharap Gamcheon bisa menjadi inspirasi bagi kepala daerah di Indonesia, kampung-kampung serta desa-desa. Bahwa yang kumuh pun kalau ditata dengan baik bisa meningkatkan ekonomi masyarakat.

Postingan ini pun langsung mendapatkan balasan dari Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo. Ia menuliskan kalimat seperti ini:

Di kota semarang juga ada Kampung Pelangi Pak @jokowi

Dan komentar Ganjar pun dibalas sejumlah netizen. Salah satunya yuniarnadjwa: @ganjar_pranowo Semarangkuh ga kalah keren sm di Busan.. Monggo mlampah2 ke Kampung Pelangi Pak @jokowi. (man)

Loading...