Kreatifnya Pengelola Taman Bacaan Alang-alang di Wonosobo, Bisa Ditiru!

Loading...

TANJUNGPINANG (suarasiber) – Seorang pemuda Dusun Kalialang, Desa Kalialang, Kecamatan Kalibawang, Kabupaten Wonosobo bernama Adi Hatanto bisa menjadi contoh anak muda zaman now.

Betapa dengan modal semangat, ia mendirikan Taman Bacaan Masyarakat (TBM) Alang-alang di dusunnya pada 13 Desember 2018 lalu. Pemerintah desa pun meliriknya dan menjadikannya perpustakaan desa.

Kepada suarasiber.com, Adi menceritakan pengalamannya. Saat itu ia berpikir tuntutan kehidupan semakin komlplek, harus bisa mengikutinya. Hal yang mungkin dilakukannya ialah taman bacaan.

tbm alang alang 3
Beginilah cara Adi Hatanto dan teman-temannya mengelola TBM Alang-alang. Menanam jahe, dijual, hasilnya untuk biaya operasi perpusatakaan. Foto – dok tbm alang alang

“Membaca akan mengembangkan minat dan bakat warga. Perpustakaan diharapkan melahirkan generasi bangsa yang berkualitas dan tercipta SDM yang tinggi dan berkepribadian Indonesia,” ujarnya melalui WhatsApp, Minggu (17/11/2019).

Selebihnya ialah tempat menggalang persatuan antarwarga; wadah pengembangan pengetahuan, keterampilan dan minat. Karenanya, begitu mendirikan TBM Alang-alang, Adi dan relawan lain mulai memperkenalkannya kepada anak-anak sedini mungkin.

“Anak-anak sekolah bisa meminjam buku pelajaran koleksi kami,” imbuh Adi.

TBM Aang-alang pun difungsikan sebagai tempat kegiatan pembelajaran, pusat penelitian sederhana, sarana belajar mandiri dan tempat untuk menggali inovasi dan kreativitas seseorang.

Jam bukanya setiap hari 09.00 WIB sampai jam 12.00 WIB. Siang jam 13.30 WIB
sampai jam 20.00 WIB. Diakui oleh Adi kendalanya pada koleksi buku yang ada. Terutama tentang kerajinan, masakan, pertanian dan peternakan. Hal ini menjadikan warga dewasa kurang berminat datang ke perpustakaan.

Adi dan teman-temannya pun memutar otak. Akhirnya dilakukan upaya menanam bibit jahe oleh remaja Lembah Ilalang (komunitas perpustakaan Alang-alang). Tanaman ini diletakkan karung dan dijejer tepi jalan yang jarang dilalui mobil.

Mengapa jahe? “Karena perawatannya mudah,” alasan Adi.

tbm alang alang 1
Lewat Taman Bacaan Masyarakat, anak-anak muda Lembah Ilalang aktif mengadakan kegiatan lain seperti pentas seni untuk menggali bakat-bakat terpendam. Foto – dok tbm alang-alang

Jahe-jahe ini kemudian dipanen, hasilnya digunakan sebagai modal mengelola TBM Alang-alang. Penanaman jahe juga menjadi proses pembelajaran oleh remaja Lembah Ilalang dalam bercocok tanam serta pengenalan pertanian pada anak-anak.

Selain itu, Adi dan teman-temannya juga menyelenggarakan beragam kegiatan, seperti memperingati Hari Musik Nasional, perustakaan keliling selama Ramadan, mengajarkan senam lansia seminggu sekali.

Di akhir perbincangan jarak jauh, Adi mengetuk hati warga Indonesia atau lembaga dan isntansi yang ingin membantu melengkapi koleksi buku di TMB Alang-alang.

Caranya dengan mengantarkan atau mengirimkannya ke Taman Bacaan Masyarakat Alang-alang Desa Kalialang Rt/ Rw 08/03, Kecamatan Kalibawang, Kabupaten Wonosobo, Jawa Tengah, Telepon 085701279104.

Atau ingin tahu lebih jauh tentang Adi Hatanto, silakan hubungi nomor di atas. Yuk berbagi sahabat suarasiber di mana saja. (man)

Loading...