Ikan-ikan Raksasa Muncul di Festival Kali Elo Magelang

Loading...

TANJUNGPINANG (suarasiber) – Lomba perahu hias bukan hanya diselenggarakan di Tanjungpinang, Provinsi Kepulauan Riau. Magelang, Jawa Tengah, juga memiliki acara serupa. Pada tahun ini, gelaran yang dinamakan Festival Kali Elo ini berlangsung 5 – 7 Juli 2019.

Dilansir dari beritamagelang.id, disebut Festival Kali Elo karena dilaksanakan di bantaran Sungai Elo di basecamp Kaling Kalih, Mendut, Kabupaten Magelang.

Wakil Bupati Magelang Edi Cahyana, yang membuka acara tersebut kala itu mengatakan tujuan festival selain sebagai tujuan wisata juga edukasi lingkungan.

Foto – beritamagelang.id

“Diharapkan bisa menjadi satu kegiatan yang mampu mengusung konsep semangat konservasi lingkungan dan kelestarian agar sungai lebih terawat.

Dengan memahami lingkungan, masyarakat pun turut merawat sungai dan memeriahkan Festival Kali Elo karena semakin banyak pengunjung yang datang. Kegiatan ini pun mampu memantik perekonomian bagi warga.

Sementara Kepala Dinas Pariwisata, Kepemudaan dan Olahraga Kabupaten Magelang Iwan Sutiarso menambahkan, acara ini diselenggarakan dalam rangka promosi wisata Magelang, khususnya rafting.

Foto – beritamagelang.id

Rangkaian acara Festival Kali Elo ini diselenggarakan dengan Parade Perahu Hias, Lomba Pentas Seni, Budaya Ritual Suci Kali Elo, Tebar Benih Ikan, Penanaman Pohon, Stand UMKM dan Kuliner, Melody Kali, Sendratari, Bersih Sungai, Lomba Fotografi, dan live performance Band Letto.

Foto – beritamagelang.id

Dari foto-foto yang ditampilkan, suarasiber melihat ada perahu peserta didekorasi kura-kura, bekicot, anak bebek dengan sayap mengembang, ikan raksasa beraneka jenis, biawak dan sebagainya.

Para peserta agaknya memang berniat menampilkan tontonan yang menarik, bukan sekadar mengikuserakan perahunya dengan dekorasi ala kadarnya. Bahkan menyelinginya dengan pesan moral, seperti di perhu hias biawak dituliskan peringatan: stop perburuan biawak!(man)

Loading...