free page hit counter

Ditanya Kepastian Labuh Jangkar di Kepri, Pusat Janji Jawab Pekan Depan

Loading...

TANJUNGPINANG (suarasiber) – Plt Gubernur Kepri H Isdianto yang membawa belasan pejabat menghadap Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi di Jakarta, Kamis (7/11/2019) petang menayakan sejumlah pembangunan sektor perhubungan.

Salah satunya ialah soal labuh jangkar. Sebelum memulai pembahasan antara direktur terkait dengan para pejabat Kepri, Isdianto memang menyampaikan harapan-harapannya kepada Menhub. Semuanya untuk tujian peningkatan PAD.

Diantaranya Pemprov Kepri berharap dukungan untuk melaksanakan kewenangan dalam mengelola wilayah laut sampai 12 mil sesuai UU sebagai potensi pembiayaan daerah. Dan labuh jangkar adalah pertanyaan utama untuk mendapatkan jawaban.

Dari perbincangan satu persatu kegiatan, pihak Kemenhub mengatakan untuk labuh jangkar, sepekan lagi akan diberi kabar. Tentu Isdianto berharap kabar terbaik untuk peningkatan PAD Kepri.

“Paling tidak win win solution untuk kemajuan Kepri dan negeri ini,” kata Isdianto.

Isdianto juga berharap mendapat penyelenggaraan keselamatan pelayaran pulau berpenghuni. Juga mendukung penyaluran dana alokasi khusus, penambaham rute penerbangan perintis ke Tambelan, Bintan. Juga dukungan penerbangan seaplane dan bersama-sama menangkap peluang kapal pesiar. Termasuk panduan di Selat Malaka dan Singapura yang melibatkan BUP, BUMD atau PT Pelabuhan Kepri.

Sementara, Bupati Alias Wello juga menyampaikan perkembangan pembangunan Lingga. Untuk kelancaran dan kesuksesan pembangunan itu, dukungan Kemenhub sangat diharapkan. Seperti perpanjangan runway Bandara Dabo, pembangunan pelabuhan bongkar muat, pembangunan pelabuhan dermaga penyebrangan, pengerukan alur laut dan dukungan DAK transportasi laut.

Wabup Anwar Hasyim juga menyampaikan pembangunan pelabuhan bongkar muat di Malarko, Pongkar. Karimun juga berharap perpanjangan runway bandara SeiBati. Juga pelabuhan penyebrangan dari Kundur ke Pelalawan Riau. Termasuk pembangunan gedung uji kendaraan bermotor. Bus sekolah dan angkutan pedesaan juga disampaikan Anwar.

Dalam kesempatan itu, Wabub Anambas berharap pengembangan bandara Letung. Juga pembangunan fasilitas kapal pesiar untuk menopang program pariwisata di Anambas.

Di Siantan Selatan, juga diharapkan dibangun pelabuhan bongkar muat untuk pengembangan dari lokasi saat ini. Demkian juga dengan dermaga dan kapal penyebrangan untuk lintas pulau.

“Kita juga berharap angkutan bus anak sekolah. Termasuk dukungan teknis transportasi laut untuk menunjang pendidikan antar pulau. Karena memang masih menggunakan angkutan laut untuk akses pendidikan,” kata Wan Zuhendra.

Isdianto pun menyerahkan berkas tentang program pembangunan sektor perhubungan seluruh Kepri, baik provinsi maupun kabupaten kota ke Menhub. Dia memang menginginkan harapan Kepri kepada Kementerian terealisasi secepatnya. (mat)

Loading...