Peserta Kepri Juara di National Young Inventor Award ke-12

Loading...

TANJUNGPINANG (suarasiber) – Sandi Pamungkas, siswa SMAN 2 Bunguran Timur, Kabupaten Natuna, Provinsi Kepri menjadi Juara Harapan I dalam NYIA (National Young Inventor Award) yang ke-12 tahun 2019 yang diadakan oleh LIPI (Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia).

Lomba yang diadakan 23 sampai 26 Oktober 2019 di IC BSD Serpong ini diikuti 50 finalis dan nomine dari seluruh provinsi. Kemenangan Sandi ini dikabarkan Kadis PMD Disduk Capil Provinsi Kepri, Sardison kepada suarasiber, Minggu (27/10/2019).

Pelajar ini menamakan karyanya Cabai Smart Revolution 2 yaitu alat perawat, pemupuk dan penjaga kebutuhan cabai. Peralatan ini secara otomatis dapat membuat cabai hidup selama 3 tahun, tahan terhadap segala cuaca dan hama.

Kelebihannya, semuanya dibuat dengan barang bekas dan memanfaatkan limbah masyarakat

Juara pertama diraih Faustina Ammelia dan Immanuelle Tantira Glory dari SMA Regina Pacis Bogor dengan invensi Nanoextractor, alat rumah tangga pengekstrak herbal kualitas tinggi dengan proses suhu rendah yang dicapai melalui teknik getar ultrasonik pada tekanan vakum menggunakan kendali mikrokontroler berbasis aplikasi Android

Posisi kedua milik Jasmine Shafa Kurnia dan Adlina Khairina Hasanah. Keduanya merupakan pelajar Zamzam Syifa Boarding School Depok dengan karyanya, Autics: Autocharging Thermoelectric Solar sebagai inovasi charger handphone dual sumber dengan memanfaatkan panas buang kendaraan bermotor.

Marcelia Sekar Ayu dan Sabrina Putri dari SMAIT Irsyad Al Islamiyyah Purwokerto dengan invensi Garpu Volta (garpu tanah ajaib pembangkit listrik) ditetapkan sebagai juara ketiga.

Sementara para juara harapan ialah:

Sandi Pamungkas dari SMA N 2 Bunguran Timur Natuna dengan invensi Smart Cabai. Kemudian juara harapan 2 Dyfany Aurariel Syahda dan Ninis Dyah Yulianingsih dari SMA N 1 Kediri dengan invensi Swaps (Smart Waste Plastic System).

Sebagai juara harapan 3 ialah M. Rasyid Albana dari SD Muhammadiyah 01 Kandang Panjang dengan invensi Say Not Smoking Detector. (man)

Loading...