Masyarakat Anambas Diberi Pemahaman Pentingnya BPJS Ketenagakerjaan

Loading...

ANAMBAS (suarasiber) – Pemkab Anambas melalui Dinas Penanaman Modal, Pelayanan Terpadu Satu Pintu (PTSP), Transmigrasi dan Tenaga Kerja dan Badan Penyelenggara Jaminan Sosial Kesehatan (BPJS) Ketenagakerjaan Provinsi Kepulauan Riau menggelar sosialisasi BPJS Ketenagakerjaan, Rabu (16/10/2019).

Kegiatan ini dilakukan mengingat selama ini masyarakat Anambas memang berharap ada layanan BPJS Ketenagakerjaan di daerahnya. Saat ini Kantor Cabang BPJS Ketenagakerjaan di Anambas belum terbentuk. Untuk pelayanannya masih beroperasi di Unit Layanan BNI.

Sosialisasi terkait BPJS Ketenagakerjaan ini dilakukan untuk kalangan buruh bongkar muat, nelayan serta penjaga kampung.

Perwakilan Cabang BPJS Ketenagakerjaan Kepri, Tunggul Sihotang menjelaskan kepada masyarakat manfaat BPJS Ketenagakerjaan kepada masyarakat. Apalagi geografi Anambas perairan, ada risiko di sana.

“BPJS Ketenagakerjaan ini sangat penting. Agar risiko yang tidak diinginkan saat bekerja, akan dialihkan ke pemerintah,” kata Tunggul.

Masyarakat yang telah terdaftar sebagai anggota, akan mendapatkan jaminan kematian. Apabila anggota yang terdaftar meninggal dunia maka ahli waris akan memperoleh santunan senilaiRp24.000.000 sebagai jaminan kecelakaan kerja. Bila mengalami kecelakaan maka biaya pengobatan seluruhnya akan ditanggung oleh BPJS Ketenagakerjaan.

Kepala Dinas Penanaman Modal, Pelayanan Terpadu Satu Pintu (PTSP), Transmigrasi dan Tenaga Kerja, Yunizar menyebutkan bahwa BPJS Ketenagakerjaan ini sangat bermanfaat bagi pekerja. Karena dengan adanya BPJS Ketenagakerjaa, jika terjadi kecelakaan maka biaya seluruhnya akan ditanggung. (hs)

Loading...