Bandara Dabo Perpanjang Landas Pacunya Jadi 2.500 Meter

Loading...

TANJUNGPINANG (suarasiber) – Runway Bandara Dabo di Pulau Singkep, Kabupaten Lingga, Provinsi Kepri akan diperpanjang hingga 2.500 meter. Perpanjangan runway dibiayai APBN melalui Kementerian Perhubungan, dijadwalkan mulai tahun 2020.

“Akses transportasi ke Kabupaten Lingga harus baik, agar siapapun mudah datang. Termasuk, untuk pebisnis (investor) yang akan menanamkan modalnya,” kata H Alias Wello kepada suarasiber.com, kemarin.

Alias Wello yang biasa disapa AWe, menambahkan dengan perpanjangan runway (landasan pacu) Bandara Dabo, ke depannya pesawat jet bisa masuk ke Lingga. Yang saat ini sudah digunakan dua penerbangan reguler ke Dabo, Susi Air, dan Wings Air.

  • Tahap I Dimulai Tahun 2020

Kepala Bandara Dabo, Singkep, Kabupaten Lingga Andi Hendra Suryaka yang dikonfirmasi terpisah, menyampaikan hal senada. Menurut Andi, perpanjangan runway direncanakan sampai 2.500 meter, dan dilaksanakan secara bertahap.

“Seiring dengan pembebasan lahan, dan pembuatan review master plan Bandara dmDabo di tahun 2019,” ujar Andi.

Ditambahkannya, dengan dasar master plan terbaru yang selesai di tahun 2019. Perpanjangan dilakukan untuk memenuhi aspek safety (keselamatan) dalam operasional penerbangan.

“Perpanjangan landasan menjadi mandatory seiring beroperasinya pesawat jenis ATR 72-600 (pesawat Wings Air, red) di Bandara Dabo,” jelas Andi.

Menjawab tentang pelaksanakan kegiatan, dan anggaran, Andi, menjawab tahap I dijadwalkan dimulai 2020. Untuk tahap I ini perpanjangannya sekitar 150 x 30 meter. Sedangkan untuk anggaran direncanakan dari APBN melalui Kemenhub. (mat)

Loading...