Tim Verifikasi Kota Sehat Datang ke Tanjungpinang

Loading...

TANJUNGPINANG (suarasiber) – Wakil Wali Kota Tanjungpinang, Hj. Rahma, S. IP menyambut kedatangan Tim Verifikasi Kota Sehat Tingkat Nasional Kementerian Kesehatan RI, di ruang rapat utama kantor Bappelitbang Kota Tanjugpinang, Rabu (25/9/2019).

Tim yang terdiri tiga orang ini dipimpin Calvin S. Wattimena disambut dengan pemasangan tanjak, yakni ikat kepala khas Melayu.

“Mudah-mudahan keempat tatanan yang menjadi penilaian tim verifikasi pusat memenuhi persyaratan, sehingga Tanjungpinang dapat meraih kota sehat tingkat Swasti Saba Wiwerda,” harap Wawako, seperti dilansir dari tanjungpinangkota.go.id.

Dari semua indikator-indikator yang akan dinilai oleh tim pusat, kata Rahma, semua OPD, Camat, Lurah, Kepolisian, PT. Pelindo, masyarakat dan stakeholder lainnya di bawah koordinator forum kota sehat telah bekerja sama dan mendukung semua tahapan dan persiapan penilaian kota sehat dalam mewujudkan kota Tanjungpinang yang sehat.

Selama dua hari, 25 dan 26 September, tim akan blusukan ke sejumlah lokasi. Mereka menilai kawasan pemukiman sarana dan prasarana umum, sarana tertib lalu lintas dan pelayanan transportasi, pariwisata sehat, dan kehidupan masyarakat sehat dan mandiri.

Hari pertama peninjauan, tim verifikasi pusat melakukan penilaian di lokasi Sekretariat Forum Kota Sehat, di Jalan Wonosari, Pokja Kelurahan Melayu Kota Piring Sehat, Puskesmas Pembantu Jalan Salam Kecamatan Bukit Bestari.

Kemudian, Pusat Informasi Gedung Gonggong, SMPN 15 Tanjungpinang, Kelurahan Bukit Cermin ODF, Posyandu Mawar Indah, Posyandu Remaja Fresh dan Terminal Sungai Carang.

Hari kedua, rombongan tim melakukan peninjauan titik penilaian kota sehat, di Kampung Tertib Lalu Lintas Kelurahan Dompak, Pasar oleh-oleh Pelantar II, Kampung wisata Pulau Penyengat, Pelabuhan Internasional, dan Puskesmas Tanjunpinang.

Untuk diketahui, penghargaan Swasti Saba dari Kementerian Kesehatan RI diklasifikasikan menjadi tiga tingkat yaitu, penghargaan Swasti Saba Padapa untuk kota sehat tahap pemantapan.

Lalu, Swasti Saba Wiwerda untuk kota sehat taraf pembinaan dan penghargaan Swasti Saba Wistara penghargaan kota sehat untuk taraf pengembangan.

Turut hadir dalam agenda ini, Kepala Dinas Kesehatan, Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana kota Tanjungpinang, Rustam, perwakilan OPD, serta forum kota sehat kota Tanjungpinang.(mat)

Loading...