Sumpah Jabatan Mudah Diucap Susah Dirawat

Loading...

RIBUAN orang sudah, sedang, dan akan diambil sumpahnya secara resmi di republik ini. Bersumpah atas nama Allah SWT, atas nama Tuhan! Sebagai pejabat negara. Untuk yang di DPR RI, akan diambil sumpahnya tanggal 1 Oktober 2019.

Sekilas, tidak ada yang istimewa di seremoni pengambilan sumpah itu. Nyaris serupa dengan semua pengambilan sumpah lainnya di republik ini.

Namun, jika dicermati ada tiga arti sumpah sesuai Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI). Ketiga artian itu, adalah:

sum·pah1 n 1 pernyataan yang diucapkan secara resmi dengan bersaksi kepada Tuhan atau kepada sesuatu yang dianggap suci (untuk menguatkan kebenaran dan kesungguhannya dan sebagainya):
perkataannya itu dikuatkan dengan –; 2 pernyataan disertai tekad melakukan sesuatu untuk menguatkan kebenarannya atau berani menderita sesuatu kalau pernyataan itu tidak benar;
3 janji atau ikrar yang teguh (akan menunaikan sesuatu)

Apapun artiannya seperti disebutkan KBBI itu, yang jelas jika sudah mengucapkan sumpah atas nama Allah SWT, bagi yang muslim, dia harus komitmen dengan sumpahnya.

Baca Juga:

Di Papua, Brimob Polda Kepri Besembang, Bercerite Kamtibmas dengan Warga

Indonesia Ikut Konferensi Wisata Kapal Pesiar Dunia

16 Minuman Kesehatan Tubuh Bikin Sehat dan Bugar

Jika memermainkan sumpah, berarti sama saja dengan memermainkan agama, dan Yang Maha Pencipta. Sama seperti berbohong atas nama Tuhan.

Karenanya, sebelum melakukan sesuatu, ingat sumpah yang sudah diucapkan itu kembali. Seperti menerima yang bukan hak. Bukan hanya dilaknat, tapi juga bisa diciduk Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK).

Meski saat ini KPK tengah bersalin pimpinan, dan prosesnya menimbulkan prokontra. Tetap saja KPK punya kewenangan menyiduk siapapun.

Itu sebabnya Raul Lemos, suami dari artis Krisdayanti yang akan dilantik tanggal 1 Oktober 2019, sebagai anggota DPR RI menitip pesan. Raul berpesan agar Krisdayanti jangan korupsi, dan mengikuti arus yang baik.

Barangkali Raul tahu, meski sudah disumpah namun kemungkinan sumpah itu dilanggar masih ada. Jika, mengikuti arus tak baik. Sebab, merawat sumpah itu memang tak mudah.

Raul tentu ingin karir istrinya di DPR RI berjalan on the track. Kemudian, tetap dengan standar moral tinggi, dan bebas dari segala bentuk skandal.

Sebagaimana sumpah yang sudah diucapkan.

Harapan Raul, barangkali juga harapan semua pemilih yang sudah memercayakan keterwakilannya di dewan. Semoga saja. Aamiiin. (sigit rachmat)

Loading...