Poltek SMRS Dabo, Singkep, Kabupaten Lingga Terima Mahasiswa Baru Tahun Ajaran 2020

Loading...

TANJUNGPINANG (suarasiber) – Kabupaten Lingga menjadi daerah pertama di Provinsi Kepulauan Riau, yang memiliki perguruan tinggi politeknik perikanan, pertanian, dan peternakan. Namanya, adalah Politeknik Sultan Mahmud Riayat Syah (SMRS).

Kampusnya berada di lokasi emplasmen timah di Dabo, Singkep. Pemugaran bangunan dilaksanakan tahun ini, dan di tahun ajaran 2020/2021 dijadwalkan sudah menerima mahasiswa perdana.

Ada tiga program studi (prodi) di Poltek SMRS ini yakni Prodi Perikanan, Prodi Pertanian, dan Prodi Peternakan. Untuk tahap awal Poltek SMRS akan menerima 100 orang mahasiswa baru tahun ajaran 2020/2021.

Prodi ini disesuaikan dengan kondisi alam Lingga, yang memang punya potensi di perikanan, pertanian, dan peternakan.

“Sudah komitmen kita sejak awal untuk membangun Kabupaten Lingga di semua bidang. Infrastruktur, perekonomian, sumber daya manusia (SDM) dan lainnya,” kata Alias Wello, Bupati Lingga kepada suarasiber.com, kemarin.

Kampus SMRS adalah wujud dari komitmen tersebut. Sumber daya manusia dari kampus ini nantinya akan menjadi sumber energi baru bagi Lingga. Untuk memaksimalkan potensi yang dimiliki.

Didukung Dosen Berkualitas dari Tanah Air

Agar kampus ini punya kualitas mumpuni, tenaga pengajarnya didatangkan dari berbagai perguruan tinggi negeri terkenal di Tanah Air.

Di antaranya dari Institut Pertanian Bogor (IPB). Dan, proses rekrutmen calon dosen Poltek SMRS sudah dilaksanakan.

Transportasi udara dari Batam ke Dabo, Singkep tak lagi jadi masalah. Karena, Pemkab Lingga dan manajemen Wings Air sudah meneken kerja sama.

Tak cuma dengan dosen berkualitas, Poltek SMRS juga didukung dengan obyek praktik yang berkualitas. Seperti adanya ribuan hektare persawahan di Lingga, yang sesuai dengan Prodi Pertanian.

Kemudian, ratusan hektare tambak udang di Marok Kecil, yang sesuai dengan Prodi Perikanan. Di samping adanya pabrik pakan ikan yang letaknya juga di komplek emplasmen timah di Dabo.

Untuk Prodi Peternakan, saat ini Lingga punya ratusan ekor sapi bantuan dari kementerian. Keberadaan berbagai obyek ini multifungsi. Sebagai pemicu roda ekonomi, membuka lapangan kerja, sekaligus untuk menciptakan SDM berkualitasm

“Seluruhnya dirancang untuk saling mendukung,” ujar AWe, yang meski tak lagi berniat maju di Pilkada 2020, namun tetap habis-habisan membangun Lingga.

Kampus Poltek SMRS, pabrik pakan ikan, dan industri pengolahan kelapa akan diresmikan di Hari Jadi Kabupaten Lingga ke-16, November 2019. Semuanya itu akan menjadi hadiah spesial bagi masyarakat di Kabupaten Lingga. (mat)

Loading...