Polsek Tanjungpinang Kota Bagikan Masker

Loading...

TANJUNGPINANG (suarasiber) – Masker menjadi barang yang banyak dibutuhkan warga Tanjungpinang belakangan ini. Ini terjadi setelah kota ini terdampak kabut asap dari daerah lain yang mengalami kebakaran hutan dan lahan.

Personel Polsek Tanjungpinang Kota membagikan masker kepada pengguna jalan raya di Tanjungpinang, Selasa (17/9/2019). Pejalan kaki, pengendara sepeda motor bahkan pengemudi mobil pun dibagikan masker secara cuma-cuma.

Kapolsek Tanjungpinang Kota AKP Reza Anugrah melalui Kanit Samapta Ipda Jul Ilham menyampaikan keterangan, pembagian masker dilakukan karena kualitas udara tidak baik.

polsek tanjungpinang kota bagikan masker
Polsek Tanjungpinang Kota membagikan 600 buah masker untuk warga Tanjungpinang. Foto – istimewa

“Hari ini kami membagikan masker kepada pengendara sepeda motor, mobil serta pejalan kaki karena kualitas udara masih dalam kondisi yang tidak baik. Harapan kami semoga dengan kegiatan ini dapat membantu mengurangi resiko terkena ISPA akibat asap,” ujarnya.

Pembagian masker dilaksanakan di dua tempat terpisah yaitu Simpang Gedung Daerah, Jalan SM Amin dan di depan Mako Polsubsektor Tanjungpinang Kota Jalan Merdeka.

Pada kesempatan ini Polsek Tanjungpinang Kota menyiapkan 600-an masker yang dibagikan kepada pengguna jalan yang melintas.

Kualitas udara di Kota Tanjungpinang padahari itu masuk dalam kategori tidak baik. Berdasarkan data Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Tanjungpinang, asap kiriman dari daerah lain sudah beberapa hari ini menyelimuti Kota Tanjungpinang.

Ada beberapa cara yang bisa dilakukan warga untuk menghadapi kabut asap. Pertama, seperti dilakukan per4sonel Polsek Tanjungpinang Kota yaitu dengan membagina masker. Selain itu seyogyanya warga tidak bepergian keluar rumah jika memang tidak sedang melakukan aktivitas penting.

Hal lain yang juga penting ialah minum air putih sebanyak mungkin. Jika pergi bekerja, bisa membawa bekal air minum kemasan, tidak perlu keluar dan pergi ke toko untuk membelinya. Apabila merasakan gangguan, segera untuk mendatangi dokter untuk berkonsultasi.

Terapkan Perilaku Hidup Bersih Sehat (PHBS), jangan malas untuk mencuci bersih dan masak makanan dengan baik. Berupayalah agar polusi di luar tidak masuk ke dalam rumah atau ruangan dengan cara menutup pintu dan jendelanya.

“Semoga kabut asap ini segera berakhir, khususnya di daerah-daerah yang mengalami kebakaran hutan dan lahan. Dan kita semua tetap waspada dengan musim kemarau ini,” pesan Jul Ilham.

Pengguna jalan pun senang karena tak menyangka mereka akan mendapatkan masker. (mat)

Loading...