Penghayatan Ideologi Pancasila Harus Kuat di Masyarakat

Loading...

TANJUGPINANG (suarasiber) – Badan Kesbangpolpenmas Kota Tanjungpinang menggelar kegiatan Pelatihan Penguatan Penghayatan Ideologi Pancasila di Kalangan Masyarakat tahun 2019 yang diselenggarakan di Aula Asrama Haji Tanjungpinang, 11 – 13 September 2019.

Drs. H. Hasanuddin, selaku Panitia Pelaksana dari Badan Kesbangpolpenmas dalam laporannya menyampaikan dasar pelaksanaan kegiatan pelatihan peraturan Permendagri No. 19 tahun 2011 dan No. 71 tahun 2012. Peserta 150 orang, yang terbagi dari perwakilan dari setiap Kecamatan se-Kota Tanjungpinang.

Mereka berasal dari kalangan masyarakat, tokoh agama, adat, pemuda, perempuan, dan lembaga pemberdayaan masyarakat.

“Adapun maksud dan tujuan kegiatan pelatihan ini, memperkuat penghayatan Pancasila sebagai dasar ideologi dan falsafah negara yang mulai memudar, dan meningkatkan kewaspadaan terhadap ideologi lain yang bertentangan dengan Pancasila, dan memahami nilai-nilai luhur yang terkandung dalam Pancasila,” ucap Hasan, seperti dikutip suarasiber dari tanjungpinangkota.go.id.

Selain itu, tambah Hasan, kegiatan ini juga bertujuan sebagai upaya membangun persatuan dan kesatuan, cinta tanah air, bela negara dan berwawasan kebangsaan, dalam meneruskan serta mengimplementasikan nilai-nilai Pancasila di tengah-tengah masyarakat nantinya.

Sementara itu, Wali Kota Tanjungpinang, H. Syahrul, S.Pd dalam sambutannya yang dilanjutkan dengan membuka acara kegiatan pelatihan tersebut mengatakan bangsa Indonesia merupakan salah satu dari berbagai bangsa dan negara di dunia yang mempunyai sejarah serta ideologi karena nilai-nilainya berasal dari kepribadian asli bangsa Indonesia itu sendiri.

“Inilah sebabnya kedudukan Pancasila di Indonesia sebagai dasar negara sangat penting, untuk itu mari kita terus lestarikan dan mempertahankan dengan melalui revitalisasi, implementasi dan aplikasikan Pancasila dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara, salah satu upaya dengan terselenggaranya pelatihan ini,” ucap Syahrul.

Dalam kesempatan ini, Wali Kota Tanjungpinang turut mengisi materi sebagai salah satu narasumber pada pelatihan yang berlangsung dengan Paparan Materi dan pemahaman nilai-nilai Pancasila sebagai ideologi bangsa Indonesia.

Acara juga dihadiri, Wakil Wali Kota Tanjungpinang, Hj. Rahma S.IP, Kepala Badan Kesbangpolpenmas Kota Tanjungpinang, Drs. Wan Kamar, Kepala OPD, Camat dan Lurah di lingkungan Pemerintah Kota Tanjungpinang dan para peserta pelatihan. (mat)

Loading...