Kuatkan Kedaulatan Udara Kepri!

Loading...

TANJUNGPINANG (suarasiber) – Usai naik pesawat Cassa U-621 milik TNI AL dari Tanjungpinang ke Lingga untuk menghadiri pelantikan anggota DPRD di kabupaten itu, Plt Gubkepri H Isdianto ingin kedaulatan udara Kepri dijaga.

Meski wilayah Kepri 96 persen perairan, bukan berarti hanya lautan dan darat yang harus dijaga. Kepri sebagai daerah yang terletak di kawasan terdepan yang berbatasan langsung dengan sejumlah negara tetangga perlu untuk semakin menegaskan kedaulatan teritorial daerahnya.

isdianto ke lanudal rhf 2
Foto – humas kepri

“Tidak hanya di darat maupun laut karna geografis Kepri dengan 96 persen wilayah lautnya, namun kawasan udara juga patut untuk semakin kita kuatkan, ketiganya harus saling bersinergi untuk mempertegas kedaulatannya,” ujar Isdianto usai bertemu Danlaud RHF di ruang VIP Pangkalan Udara TNI AL, Batu 13, Tanjungpinang, Rabu (4/9/2019).

Kedatangan Plt Gubernur sendiri disambut oleh Kolonel Penerbangan Andi Winjanarko yang baru saja menjabat sebagai Komandan Lanud RHF bersama Komandan Wing Udara 1 Kolonel Laut (P) Gering Sapto Sambodo.

Lebih lanjut, Isdianto mengatakan bahwa posisi strategis Kepri ini perlu dijaga kawasan udaranya. Beberapa persyaratan perlu dipenuhi terlebih untuk menaikan status menuju Bintang 1.

Sarana-pra sarana serta fasilitas perlu untuk semakin ditingkatkan seperti Alat Utama Sistem Pertahanan (Alutsista) serta untuk kawasan udara adalah perpanjangan runway bandara.

“Wilayah perbatasan ini sangat vital, segera buat telaahnya, mekanismenya bagaimana, apa saja yang harus dilengkapi, nanti kita akan bahas lebih lanjut,” kata Isdianto. (man)

Loading...