free page hit counter

Ini Pesan Politis di Pengukuhan Daeng M Yatir sebagai Ketua KKSS Kepri

TANJUNGPINANG (suarasiber) – Daeng Muhammad Yatir, Ketua Badan Pengurus Wilayah (BPW) Kerukunan Keluarga Sulawesi Selatan (KKSS) Provinsi Kepri, mengingatkan kembali sumpah setia Melayu – Bugis, Sabtu (7/9/2019) di Gedung Daerah Tanjungpinang.

Wapres Jusuf Kalla saat berkunjung ke Daik, Kabupaten Lingga tahun 2017, mengikarkan kembali sumpah setia Melayu Bugis itu. Ikrar itu disampaikan di momentum perhelatan Memuliakan Tamadun Melayu Antarbangsa.

kkss kepri 1
Pengukuhan Pengurus KKSS Kepri di Gedung Daerah, Tanjungpinang, Sabtu (7/9/2019). Foto – mat/suarasiber

Sumpah yang pernah diikrarkan Sultan Sulaiman Badrul Alamsyah, dan Opu Daeng Marewa di abad 17, yang menyatukan Melayu, dan Bugis. Perbancuhan untuk membangun kejayaan Kepulauan Riau.

Semangat membangun kejayaan Kepri ini, yang kini diusung Daeng M Yatir bersama pengurus KKSS Kepri, dan di semua kabupaten kota di provinsi ini. Meski Bugis bukan mayoritas, namun sejarah membuktikan peran penting, dan andil di Negeri Bunda Tanah Melayu ini.

“Prinsip, di mana bumi dipijak di situ langit dijunjung, kata Daeng M Yatir, menjadi spirit dalam kehidupan sehari-hari,” kata Yatir di pidatonya, Sabtu (7/9/2019).

Perbancuhan Melayu – Bugis juga sukses melahirkan pasangan pemimpin di Provinsi Kepri. Di antaranya di Kota Batam, Kota Tanjungpinang, Kabupaten Natuna, Kabupaten Lingga. Di samping sebagai wakil rakyat di berbagai lembaga legislatif di seluruh Kepri.

Sebuah fenomena alam yang diingatkan kembali oleh Yatir. Khususnya, untuk semua calon gubernur, bupati, dan wali kota yang tahun 2020 akan maju di Pilkada.

“Jangan ragu-ragu. Kami punya banyak kader, dan generasi pemimpin masa depan. Yang siap berbakti untuk negeri ini,” tegas Yatir.

Pelantikan, dan pengukuhan pengurus KKSS Kepri dipimpin oleh Sekjen Badan Pengurus Pusat KKSS Ibnu Munzir, yang juga Wakil Ketua Komisi V DPR RI. Selain Plt Gubkepri H Isdianto, sejumlah tokoh Bugis hadir di acara yang bebas dari proposal ini.

Usai dikukuhkan, Daeng M Yatir, gantian mengukuhkan pengurus KKSS kabupaten, dan kota di Provinsi Kepri. (mat)

Bagikan berita
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •