Ini Jalur Baru One Way di Tanjungpinang, Berlaku Senin – Jumat dari Pukul 06.00 – 08.30 WIB

Loading...

TANJUNGPINANG (suarasiber) – Terhitung mulai hari ini, Senin (2/9/2019), dan seterusnya sejumlah ruas jalan di Kota Tanjungpinang, Provinsi Kepri, menggunakan satu jalur atau one way. Jalur one way ini diberlakukan dari mulai pukul 06.00 – 08.30 setiap hari, kecuali Sabtu, dan Minggu.

AKBP Ucok Lasdin Silalahi MH, Kapolres Tanjungpinang melalui Kasatlantas AKP Krisna Yowa, menjelaskan hal tersebut saat dikonfirmasi suarasiber.com, Minggu (1/9/2019).

“Besok (Senin, 2/9/2019) kita mulai (uji coba one way). Jamnya mulai pukul 06.00 – 08.30,” kata Krisna.

Adapun jalan-jalan yang digunakan untuk uji coba jalur one way selama 2,5 jam itu, adalah:

Jalan A Yani dari arah Simpang Batu 6 ke Simpang Pamedan

Karenanya, semua kendaraan bermotor dari arah Jalan Pemuda, Jalan Basuki Rahmat, dan Jalan Raja Ali Haji yang akan menuju ke Simpang Batu 6, harus memutar ke arah Simpang Perla (Jalan Gatot Subroto – Jalan Raja Ali Haji).

  • Jalan Kapitan di depan Kantor Imigrasi, juga jadi one way, dan digunakan untuk semua kendaraan ke arah Jalan Sei Jang.
  • Jalan Sidorejo juga jadi one way ke arah Jalan Raja Haji Fisabilillah.
  • Jalan Sei Jang dari Simpang Jalan Kapitan, dan Jalan Sidorejo, menjadi satu arah ke Jalan A Yani.
  • Jalan di sebelah Hotel Garden. Jalan ini hanya digunakan untuk kendaraan bermotor dari arah Jalan A Yani ke Jalan Gatot Subroto (Batu 5 Bawah).
  • Jalan Gatot Subroto dari arah jalan di sebelah Hotel Garden ke arah Simpang Batu 6. Berarti semua kendaraan bermotor dari Simpang Batu 6 (Tugu Adipura) ke arah pasar harus melalui Jalan A Yani.

Dan, setelah masuk Jalan A Yani bisa berbelok kanan ke jalan di sebelah Hotel Garden menuju Jalan Gatot Subroto, dan belok kiri ke arah pasar.

Simpang ke Jembatan 1 Dompak, Juga Direkayasa Ulang

Sebagaimana diberitakan sebelumnya, uji coba arus lalulintas one way ini dilakukan untuk mengurai kepadatan arus lantas. Setelag, ditutupnya Jembatan 2 Dompak, karena tiangnya keropos.

Selain mengujicoba penggunaan jalur one way, Satlantas dan Dishub Kota Tanjungpinang juga merekayasa arus lantas di simpang jalan ke Dompak – Jalan Wiratno (depan Ramayana Mal).

Semua arus kendaraan menuju ke Jembatan 1 Dompak, hanya bisa melalui Jalan Basuki Rahmat, Jalan Pramuka, dan Jalan Lembah Purnama. Dari arah Jalan Wiratno harus berputar di U-Turn di depan kantor Gubkepri lama di Jalan Basuki Rahmat.

Selain itu, semua kendaraan dari arah Jalan Basuki Rahmat, Jalan Pramuka dan Jalan Lembah Purnama ke arah pasar, harus berputar di U-Turn jalan ke arah Jembatan 1 Dompak.

Sebagaimana telah diberitakan, uji rekayasa arus lantas ini dilaksanakan tanpa batas waktu. Hasil uji coba ini, nantinya akan diserahkan ke Pemko Tanjungpinang. Sebagai pedoman untuk penyusunan kebijakan rekayasa arus lantas yang permanen. (mat)

Loading...