Gempa Ambon, Pasien RS Berlarian Keluar Ruangan

Loading...

TANJUNGPINANG (suarasiber) – Gempa dengan kekuatan magnitudo 6,8 skala richter mengejutkan warga Ambon, Maluku pada hari ini, Kamis (26/9/2019) dengan kedalaman 10 kilometer.

Berdasarkan rilis BMKG, gempa Ambon ini terjadi pada pukul 06.45 WIB. Gempa berlokasi di 3.38 Lintang Selatan-128.43 Bujur Timur, 40 kilometer Timur Laut Ambon Maluku.

Belum ada laporan korban jiwa terkait gempa Ambon ini. BMKG memastikan gempa tidak berpotensi tsunami.

gempa ambon 2
Foto – sar ambon

Dari video dan foto yang dikirimkan Kepala Kantor SAR Ambon, Muslimin kepada suarasiber melalui Kantor SAR Tanjungpinang menunjukkan sejumlah bangunan rusak. Kepanikan warga pun tak terelakkan lagi.

Video singkat kiriman tadi menggambarkan warga yang lalu lalang di jalan mencoba mencari tahu apa yang sedang terjadi.

Keterangan dari Kepala Kantor SAR Ambon, kerusakan terjadi di beberapa tempat. Diantaranya retaknya sambungan Jembatan Merah Putih, Rektorat Gedung Universitas Pattimura, Auditorium Universitas Pattimura, Gedung Jurusan kehutanan.

Kerusakan juga terjadi pada dua rumah warga Desa Toisapu Kecamatan Leitimur Selatan, satu unit Pasar Apung di Negeri Pelau Kabupaten Maluku Tengah dan keretakan di Jalan Menuju Dermaga Feri Desa Liang, Kecamatan Salahutu, Kabupaten Maluku Tengah.

Kampus IAIN juga rusak dan seorang terluka, sebuah masjid di Gunung Malintang Kota Ambon, sebuah rumah warga Hative Kecil Kota Ambon, plafon BLK hancur.

Kerusakan juga dilaporkan terjadi di Gedung Kantor Badan Ketahanan Pangan Provinsi Maluku, Gedung Gereja Rehoboth, Gedung Kantor Dinas Sosial Provinsi Maluku dan City Mal.

gempa ambon 3
Foto – sar ambon

Saat berita ini dikirimkan, imbuh Muslimin, Operator Pusdalops dan beberapa personel BPBD Provinsi Maluku sementara membantu pemasangan tenda di RSU dr Haulussy Ambon. Hal ini karena sejumlah pasien yang tengah dirawat berhamburan keluar ruangan.

“”Tim TRC sementara meninjau beberapa titik lokasi kejadian untuk pengambilan data,” ujar Muslimin.

Koordinasi terus dilakukan antara BPDB Provinsi Maluku dan BPBD Kota Ambon. (man)

Loading...