Dinsos dan BPBD Tanjungpinang Salurkan Bantuan Air Bersih

Loading...

TANJUNGPINANG (suarasiber) – Pemkot Tanjungpinang melalui Dinas Sosial dan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) menyalurkan bantuan air bersih ke sejumlah lokasi yang terpapar kekeringan. Warga yang membutuhkan boleh menyampaikan bantuan air ini.

“Sejak terjadi kekeringan, PDAM bersama Tim Reaksi Cepat (TRC) BPBD sudah mensuplai air bersih ke seluruh wilayah kota Tanjungpinang, sesuai permintaan warga yang membutuhkan air,” kata Kepala BPBD Kota Tanjungpinang, Raja Kholidin, di ruang rapat kantor BPBD Tanjungpinang, Jumat (20/9/2019).

Menurutnya, kesiapan atau stok air bersih miliki PDAM untuk warga yang membutuhkan masih tersedia. Warga yang membutuhkan suplai air bersih tinggal melaporkan melalui prosedur permintaan ke PDAM, mulai dari RT, RW, kelurahan setempat dan ditembusankan ke BPBD.

“Air yang didistribusikan sesuai permintaan yang diajukan, karena BPBD sifatnya tidak melayani per individu atau dari rumah ke rumah, tetapi kelompok masyarakat setiap RT/RW di kelurahan dan kecamatan,” tambahnya, seperti dilansir dari tanjungpinangkota.go.id.

Ia menuturkan, BPBD kota Tanjungpinang sudah mendistribusikan air bersih sebanyak 5.000 liter ke sejumlah lokasi di Tanjungpinang. Diantaranya Jalan Sultan Sulaiman Batu 5 bawah RT.04/RW.02, Kelurahan Kampung Bulang, Jalan Basuki Rahmat, warga RT.02/RW.02 Kelurahan Senggarang, dengan memobilisasi satu unit mobil tangki air.

Khusus Pulau Penyengat, bekerja sama dengan BPBD Provinsi Kepri. Saat ini, kalau dari OKP, OPM dan sebagainya bisa menyediakan tempat penampungan air, seperti pelabuhan pelantar satu dan dua, pihaknya siap mendatangkan air.

Kholidin mengungkapkan, sekarang BPBD kota Tanjungpinang hanya memiliki satu armada mobil tangki yang difungsikan untuk suplai air bersih dan air untuk pemadam kebakaran. Padahal untuk memenuhi permintaan masyarakat di empat kecamatan yang mengalami krisis air bersih, idealnya dibutuhkan empat armada mobil tangki air dan 4 sampai 6 tandon air.

Sementara, Kepala Seksi Kedaruratan dan Logistik BPBD kota Tanjungpinang, Yeni Wilda menambahkan, BPBD sudah mensuplai air bersih ke setiap kelurahan, sekolah, bahkan ke lembaga pemasyarakatan (Lapas).

”Setiap hari tim TRC kami, bisa turun 3-4 kali untuk mensuplai air bersih ke wilayah yang terdampak kekeringan, menggunakan satu mobil tangki air berkapasitas 5.000 liter, jadi setiap hari kita telah menyuplai 15.000-20.000 liter air, dan dibantu tiga mobil tangki air milik PDAM,” ucapnya.

Selain BPBD, Dinas Sosial sejak 18 September sudah mendistrubusikan air bersih untuk warga di wilayah Suka Berenang dan Sungai Jang. (mat)

Loading...