Atlet Sepeda Downhill Binaan Polda Kepri Top

Loading...

TANJUNGPINANG (suarasiber) – Sepeda downhill akan menjadi perangkat hebat jika ditangani ahlinya. Seperti yang dirasakan Dimas Pamungkas dan Erni Erawati. Keduanya merebut juara nasional pada Enduro
Championship (Indurocs) seri 5 di Kayu Kolek, Payakumbuh, Sumatera Barat.

Penampilan Dimas pada sebuah kejuaraan. Foto – polda kepri

Di kejuaraan yang berlangsung tanggal 24-25 Agustus 2019 ini, Dimas Juara 1 Nasional Downhill kategori Man Pro, sementara Erni Juara 3 Nasional Kategori Woman Pro. Mereka adalah atlet sepeda downhill binaan Polda Kepri.

Hasil kejuaraan ini disampaikan Kabid Humas Polda Kepri Kombes Erlangga pada hari Selasa (3/9/2019). Menurut Erlangga, Dimas dan Erni tergabung di komunitas Kurnia Bike Kota Batam. Keduanya sudah bertemu dengan Kapolda Kepri untuk bersilaturahmi.

Wakil Direktur Binmas Polda Kepri AKBP Edy Suryanto, SPd MSi menjelaskan Polda Kepri sudah melakukan pembinaan pesepeda downhill.

Salah satunya dengan melaksanakan MoU atau nota kesepahaman dengan komunitas sepeda sejak tahun 2017 yang lalu.

“Dalam mendukung atlet sepeda downhill, Polda Kepri sudah menjalankan kerja sama dalam bentuk Nota
Kesempahaman dengan komunitas sepeda dari tahun 2017,” terangnya.

Polda Kepri terus membantu dalam bentuk sponsorship, pembinaan dalam latihan termasuk juga dalam
pemberangkatan ke berbagai kejuaraan.

Dalam waktu dekat, Polda Kepri kembali mengirimkan atlet untuk mengikuti Indonesia Enduro Championship di Bali. Bahkan harapannya tidak hanya kejuaraan tingkat nasional, melainkan internasional.

“Bapak Kapolda Kepri mengapresiasi dan memotivasi para atlet untuk mencapai prestasi yang
membanggakan di event-event berikutnya,” imbuh Edy Suryanto.

Pesan terus berlatih untuk mencapai prestasi di tingkat nasional atau tingkat internasional terus dikibarkan di dada atlet sepeda downhill.

sepeda downhill
Sumber foto – sportku.com

Dari penelusuran suarasiber, diperoleh informasi dari sportku.com yang menjelaskan soal sepeda yang digunakan Dimas dan Erni. Downhill biasanya disingkat DH merupakan salah satu genre mountain bike atau MTB yang populer di dunia dan Indonesia.

Sepeda kategori ini dirancang khusus. Hasil rancangannya harus bisa digunakan untuk digunakan di medan berat seperti Cross Country ataupun Enduro.

Tidak mengherankan bila sepeda DH memiliki sejumlah perbedaan dari sepeda Cross Country (XC) maupun enduro atau All Mountain (AM). Perbedaan yang paling jelas adalah penggunaan fork tipe double crown. Bisa dilihat dari infografis di atas tentang sepeda downhill. (man)

Loading...