Ada Karikatur Chrisye di Google Doodle

Loading...

TANJUNGPINANG (suaraiber) – Google Indonesia mengenang penyanyi legendaris negeri ini, Chrisye dengan menampilkannya pada Google Doodle-nya hari ini, Senin (16/9/2019). Ketika kursor melintasinya, muncul teks Chrisye’s 70th Birthday.

Ya Chrisye memang lahir hari ini 70 tahun silam. Ia memiliki nama asli Chrismansyah Rahadi. Lahir di Jakarta 16 September 1949, meninggal di Jakarta, 30 Maret 2007. Selama karirnya, Chrisye sudah memberikan warna musik tersendiri. Penggemarnya tak hanya kalangan zaman old, melainkan juga anak-anak zaman kekinian. Hal ini karena lagu-lagunya masih bisa dinikmati semua kalangan.

Mungkin tak banyak yang tahu jika Google Doodle diklik maka akan mengarah ke halaman yang menampilkan beragam informasi tentang tema yang digunakan. Saat suarasiber klik gambar Chrisye, halaman pun berpindah dengan menampilkan tops stories Chrisye, juga link-link yang memuat Chrisye seperti YouTube, Spotify, Deezer, TuneIn, lagu-lagunya serta album lengkap.

Chrisye lahir dari keluarga Tionghoa-Indonesia. Ketertarikannya pada musik sudah terlihat sejak remaja. Saat SMA ia menjadi basis pada grup band yang dibentuk bersama kakaknya, Joris.

Pada akhir 1960 Chrisye bermain di grup band Sabda Nada. Kelak Sabda Nada berubah nama menjadi Gipsy. Band ini bekerja sama dengan Guruh Soekarnoputra merilis album indie Guruh Gipsy pada 1975.

Setelah keberhasilan Guruh Gipsy, pada tahun 1977 Chrisye menelurkan dua karya terbaiknya. Yaitu Lilin Lilin Kecil karya James F Sundah dan Badai Pasti Berlalu. Chrisye kemduian ditarik Musica Studios, yang kemudian melahirkan album Sabda Alam.

Hampir 25 tahun berkarya, Chrisye melahirkan banyak hits dan penghargaan. Lima album yang termasuk karyanya dimuat dalam daftar 150 Album Indonesia Terbaik oleh majalah musik Rolling Stone Indonesia. Lima lagunya juga dimuat dalam daftar lagu terbaik oleh majalah yang sama pada tahun 2009.

Beberapa albumnya disertifikasi perak atau lebih tinggi. Dia menerima dua lifetime achievement award, satu pada tahun 1993 dari BASF Awards dan satu lagi pada tahun 2007 dari stasiun televisi SCTV. Pada tahun 2011, Rolling Stone Indonesia mencatat Chrisye sebagai musisi Indonesia terbaik nomor tiga sepanjang masa. (man)

Loading...