free page hit counter

16 Minuman Kesehatan Tubuh Bikin Sehat dan Bugar

SUARASIBER – Minuman kesehatan tubuh diperlukan sebagai salah satu upaya, agar selalu sehat, dan bebas dari segala jenis penyakit. Selain makanan yang sehat, yang membuat nutrisi seimbang dengan kebutuhan tubuh.

Pola makan sehat memang menuntut keseimbangan di makanan, dan juga minuman. Karena, kesehatan tubuh memang berawal dari asupan makanan, dan minuman yang dikonsumsi.

Jadi, bukan hanya makanan yang harus diperhatikan. Minuman pun perlu diperhatikan juga. Karena, dampaknya langsung memengaruhi tubuh.

Lantas, apa saja jenis minuman yang baik, sehat, dan diperlukan tubuh. Ini daftarnya.

Air Putih Minuman Kesehatan Tubuh Utama

tips hidup sehat

Air menjadi kebutuhan penting bagi tubuh kita, dan air putih atau kerap juga disebut air mineral merupakan salah satu sumber terpenting. Untuk asupan air bagi tubuh. Dalam sehari diperlukan minimal delapan gelas.

Kekurangan air akan mengakibatkan dehidrasi, yang bisa membuat tubuh lemah. Dan, mengalami banyak masalah. Karenanya, asupan air putih ditempatkan di urutan pertama minuman kesehatan tubuh.

Jus Cranberry

Jus buah cranberry mungkin belum populer, tapi ini adalah minuman kesehatan tubuh yang dianjurkan karena khasiatnya. Jus ini dipercaya membantu melancarkan buang air seni, khususnya untuk wanita yang terkena infeksi saluran kemih.

Tak cuma itu, jus ini juga baik untuk kesehatan mulut, khususnya untuk gusi. Sebab, jus cranberry mampu mencegah bakteri di gusi.

Jus Tomat

Buah tomat sudah dikenal memiliki kandungan vitamin yang banyak. Namun, kandungan gulanya sedikit. Sehingga, mampu mencegah munculnya sel kanker.

Jus buah tomat diketahui bermanfaat mencegah sejumlah sel kanker. Seperti kanker paru, kanker dan kanker usus. Kemudian kanker payudara, dan kanker perut. Sehingga, jus tomat termasuk sebagai salah satu minuman kesehatan

Jus Jeruk

Seperti halnya tomat, buah jeruk juga dikenal sebagai buah-buahan yang banyak mengandung vitamin. Salah satunya vitamin C, yang berfungsi sebagai antioksidan bagi tubuh. Dan, termasuk vitamin kesehatan tubuh.

Antioksidan diperlukan, untuk memerkuat daya tahan tubuh dari berbagai serangan penyakit. Mengonsumsi jus jeruk menjadikan tubuh lebih segar. Sekaligus, membuat tubuh terlindungi.

Susu Kedelai

Kedelai termasuk jenis kacang-kacangan, yang termasuk bahan makanan yang punya banyak sekali manfaat untuk tubuh. Mengonsumsi susu kedelai tak cuma menyehatkan tapi juga mencegah dari serangan jantung.

Sebabnya, karena susu kedelai mampu menurunkan kolesterol jahat, yang dapat merusak kerja jantung. Sekaligus, melindungi jantung dari kolesterol jahat.

Jus Sayur sebagai Minuman Kesehatan Tubuh

Jus sayur termasuk dalam jenis minuman yang menyehatkan, meskipun masih kurang populer dibandingkan jus buah. Ada banyak jenis sayuran yang bisa dibuat jus. Seperti, bayam, wortel, timun, brokoli, dan lainnya.

Sayuran tersebut bisa dicampurkan dengan buah-buahan, agar rasanya menjadi lebih enak. Seperti, buah tomat, kiwi, aprikot, jeruk, melon, dan lain-lain.

vitamin kesehatan tubuh

Khusus untuk jus sayur perlu diperhatikan beberapa hal. Karena membuatnya harus sayuran mentah. Maka, harus dipastikan sayurnya yang bebas pestisida atau organik. Agar, jus sayur menjadi minuman kesehatan.

Di samping itu, jus sayur harus langsung diminum atau tak boleh disimpan lama seperti jus buah.

Kemudian, untuk membuat rasanya lebih enak jangan pakai gula. Tapi air perasan lemon atau sejenisnya. Seperti jeruk nipis, dan lainnya.

Smoothies

Smoothies nyaris serupa dengan jus buah, dan jus sayuran. Hanya sedikit perbedaannya, yakni di bahannya yang menyampurkan sekaligus buah, sayuran, dan bahan penyedap atau pemanisnya. Seperti yoghurt, susu, sirop atau gula dan lainnya.

Karena lebih banyak campuran bahan bakunya. Maka, smoothies lebih banyak mengandung serat yang diperlukan oleh tubuh.

Cokelat Panas

Cokelat panas di sini, adalah buah cokelat murni yang sudah menjadi bubuk. Sehingga, tinggal diseduh, dan diminum. Minuman ini termasuk yang paling direkomendasikan, dan sangat dianjurkan diminum di pagi hari. Untuk, minuman kesehatan.

Meskipun, juga cocok diminum sore hari atau di saat santai. Selain mengandung antioksidan, dan baik untuk kesehatan, cokelat panas juga menimbulkan rasa nyaman.

Itu sebabnya, dianjurkan di pagi hari. Agar, semua pekerjaan yang dihadapi bisa selesai dengan baik. Dengan catatan jangan menggunakan gula pasir, untuk menambah rasanya. Gunakan pemanis lainnya agar rasanya sedikit manis, misalnya dengan sirup.

Teh Hijau

Disebut sebagai minuman kesehatan, karena inilah jenis teh yang banyak mengandung antioksidan. Namun, perlu diingat saat menyeduh dan mengonsumsi teh hijau tidak menambahinya dengan gula.

Jadi, dalam hal ini teh hijau yang sudah dalam kemasan, dan sudah ditambahi dengan pemanis tidak termasuk di dalam minuman kesehatan.

Air Lemon

Salah satu minuman yang dianjurkan untuk kesehatan, adalah air lemon, dan juga air jeruk. Disebut sehat karena banyak mengandung vitamin, khususnya vitamin C yang diperlukan untuk kekebalan tubuh kita.

Jenis minuman ini enak diseduh dengan air hangat, jika diminum pagi, dan yang dingin jika siang. Namun, bagi penderita mag sebaiknya tidak meminum air lemon atau air jeruk di saat perut sedang dalam keadaan kosong.

Teh Jahe

Di sampin teh hijau, teh jahe juga mengandung banyak oksidan. Yang berarti semakin sering mengonsumsi teh jahe akan membuat kekebalan tubuh semakin meningkat.

Semua itu dimungkinkan karena khasiat jahe yang memang sudah sangat dikenal. Rimpang jahe digunakan sejak lama sekali, untuk menyehatkan badan.

Mengonsumsi teh jahe tidak hanya menyehatkan, tapi juga menyegarkan. Apalagi, dampaknya langsung membuat tubuh menjadi hangat, dan segat.

Infused Water

Belakangan ini minuman yang merupakan campuran air putih dengan berbagai potongan buah, dan sayur semakin populer. Dikenal dengan nama infused water, dan diyakini menyehatkan tubuh.

Umumnya, irisan buah lemon yang didiamkan selama beberapa jam banyak digunakan. Selain lemon, beberapa lainnya menggunakan irisan timun, dan sayuran lainnya di minuman ini.

Banyak juga yang meyakini minuman ini dapat menurunkan berat badan. Selain untuk menghilangkan racun di tubuh.

Yogurt

Salah satu minuman yang dianjurkan sebagai minuman sehat, adalah yogurt. Yang dihasilkan dari fermentasi susu. Minuman ini sangat baik untuk pencernaan, karena mengandung probiotik. Itu sebabnya, walaupun perut sedang kosong tidak ada masalah untuk mengonsumsinya.

Baca Juga:

Radja Ajukan PK, Ditolak Mahkamah Agung

Dan, Ferrari Pun Tersenyum

Ponpes Madani, Ceruk Ijuk, Bintan Jadi Cabang ke-14 Tebuireng

Susu Rendah Lemak

Dikenal sejak masa lalu, susu adalah minuman yang sangat baik bagi kesehatan. Kandungan nutrisi yang ada di dalam susu menjadi penyebabnya.

Akan tetapi susu yang paling baik untuk kesehatan, adalah yang rendah kandungan lemaknya atau susu cair yang lemaknya rendah. Karena banyak mengandung protein.

Susu rendah lemak tak hanya baik bagi anak-anak di usia pertumbuhan. Tapi juga untuk orang dewasa.

Minuman Kesehatan Tubuh Ada di Air Kelapa

Kandungan vitamin yang ada di dalam air kelapa, membuatnya termasuk sebagai minuman sehat yang dianjurkan. Selain vitamin, air kelapa juga mengandung mineral yang diperlukan tubuh.

Akan tetapi perlu diingat, air kelapa harus segera diminum setelah dikeluarkan dari buah kelapa. Sebab, jika sudah disimpan di lemari es sekalipun, air kelapa tak lagi dianjurkan.

Kopi Pahit

pola makan sehat

Kopi sudah dikenal sangat lama sebagai minuman dengan banyak manfaat. Salah satu sebabnya karena kopi mengandung kafein. Yang membuat orang menjadi bersemangat.

Selain itu, yang paling populer, adalah kopi bisa menahan kantuk. Meskipun pada setiap orang dampak menahan kantuk itu berbeda-beda.

Selain itu, jika ingin mendapatkan dampak langsung dari kopi, sebaiknya meminum kopi tanpa gula. Jika terasa terlalu pahit, tambahkan sedikit saja gula. Di samping itu, sebaiknya mengonsumsi kopi tidak lebih dari dua cangkir kopi sehari.

Hidup sehat adalah idaman semua insan manusia. Siapapun dia, apapun statusnya, dan kedudukannya semuanya memerlukan kesehatan tubuh. Yang umumnya dipengaruhi dari asupan makanan, dan minuman.

Sebab itu, perhatikan betul tips hidup sehat, selain memerhatikan setiap makanan, dan minuman yang dikonsumsi. Pilihlah makanan sehat, dan minuman kesehatan tubuh. (mat)

Bagikan berita
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •