Warga Lingga, Kepri, Berhasil Ciptakan Batako Lipstik

Loading...

TANJUNGPINANG (suarasiber) – Alfikri Gunawan dan Maharani Delta Dewi, dua warga Desa Duara, Kecamatan Lingga Utara, Lingga, Kepri mewujudkan ide brilian berupa batako lipstik? Produk ini bahkan tengah diverifikasi tim Kemendesa untuk peluang lomba teknologi tepat guna (TTG) tingkat nasional.

Wakil Bupati Lingga, M Nizar, seperti dilansir dari linggakab.go.id, menjelaskan jika Gunawan dan Dewi mendaftar sebagai peserta seleksi TTG tingkat Provinsi Kepri melalui kategori mandiri. Mereka hanya mengatasnamakan perwakilan Lingga.

batako lipstik 1
Jangan salah sangka batakonya berbentuk lipstik, karena lipstik di sini kependekan dari limbah plastik. Kreatif, ya? Foto – linggakab.go.id

Ternyata ide mereka menang sehingga berhak mewakili Kepri ke TTG tingkat nasional.

“Saya yakin dan percaya bahwa mereka berdua yang merupakan putra putri kebanggan kami ini bisa mendapatkan penilaian yang baik dari tim verifikator ini,” ujar M Nizar, belum lama ini.

Gunawan dan Dewi cukup pintar memberi nama batako mereka dengan sebutan lipstik. Ternyata kependekan dari limbah plastik. Artinya, batako karya mereka dibuat dari bahan-bahan diantaranya limbah plastik.

Inovasi ini mengundang ketertarikan Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi untuk menerjunkan tim verifikasinya. Mereka mengecek kebenaran mengenai hasil inovasi oleh peserta yang mengatasnamakan perwakilan dari Kabupaten Lingga tersebut.

Tim verifikasi yang diketuai oleh Bahtiar beserta tim ahli dari Kemendesa, yang juga didampingi oleh Kabid Usaha Ekonomi Masyarakat DPMD Dukcapil Kepri datang langsung ke Desa Duara demi melakukan verifikasi untuk persiapan pelaksanaan seleksi (TTG) di tingkat nasional. Nantinya dari 10 perwakilan terpilih dari seluruh Indonesia, akan dikerucutkan menjadi 6 peserta yang akan dipertandingkan pada tingkat nasional pada September mendatang di Bengkulu.

Kedatangan tim disambut oleh Wabup Lingga M Nizar, istri serta sejumlah pejabat Pemkab Lingga. (mat)

Loading...