Sekda Kepri Terima Hasil Kajian KKDN Pasis Dikreg Sesko TNI, Apa Hasilnya?

Loading...

TANJUNGPINANG (suarasiber) – Sekretaris Daerah H TS Arif Fadillah menerima berkas Executive Summary peserta Kuliah Kerja Dalam Negeri (KKDN) Pasis Dikreg XLVI Sesko TNI di Provinsi Kepri bertempat di Rupatama Lantai.4, Kantor Gubernur, Pulau Dompak, Tanjungpinang, Kamis (22/8/2019).

Penyerahan berkas tersebut secara simbolis diserahkan oleh Ketua rombongan Marsma TNI Anwar Kasim. Sekdaprov turut didampingi Asisten III M Hasbi, Kadis Pendidikan M Dali, Kadis Kepemudaan Maifrizon, Kadis Kominfo Zulhendri dan Plt Karo Humprohub Zulkifli.

Arif menyatakan kegembiraannya karena Kepri terpilih sebagai lokasi KKDN. Terlebih soal pertahanan negara, Kepri adalah provinsi yang dikelilingi negara tetangga. Wilayahnya juga 96 lautan dan 4 persen daratan, semua problem bisa muncul.

Harapannya, bahan kajian KKDN bisa dipergunakan sebagai masukan untuk pembangunan di daerah.

Sementara itu, ketua Rombongan Marsma TNI Anwar Kasim mengatakan bahwa selama beberapa hari melakukan studi di Kepri telah memperoleh data dan potensi yang kemudian untuk digunakan bagi menyusun strategi pertahanan negara.

K”ajian strategis yang telah dihasilkan diharapkan menjadi alternatif, konsep strategis dslam rangka pengembangan sumber daya nasional dan penataan wilayah pertahan negara di daerah,” kata Marsma Anwar.

Kemudian, Kolonel Afkar Mulya secara singkat memaparkan hasil kerja yang didapat selama lebih kurang 4 hari berada di Kepri, dalam rangka pembinaan dan pengembangan potensi sumber daya nasional guna menjadi ruang dan alat untuk pertahanan Negara.

“Kepri merupakan wilayah strategis, berbatasan dengan Negara tetangga, terdapat alur laut Kepulauan Indonesia 1 yang merupakaan jalur pelayanan Internasional, konsekuensi ini tentu memiliki kerawanan sehingga perlu sinergitas dalam pengelolaan sumber daya nasional dalam mendukung kepentingan pertahanan Negara,” kata Kol Afkar. (man)

Loading...