free page hit counter

Sangkar Kenari untuk Harian, Lomba dan Ternak

SUARASIBER – Sangkar Kenari dan sangkar burung lainnya memang berbeda-beda tergantung dari fungsinya. Ada banyak pilihannya. Bahan yang digunakan tergantung selera dan kemampuan dari pemilik sangkar.

Namun bagi pemilik burung yang bersuara merdu ini, supaya terlihat cantik mereka terkesan “tak pelit”. Tidak tanggung tanggung untuk membeli sangkar yang harganya sampai jutaan rupiah. Baik itu sangkar kenari ebod, sangkar kenari lomba dan sebagainya.

membuat rumah burung seperti ini tak sembarangan

Burung kenari adalah burung yang banyak dipelihara oleh penggemar burung kicau. Nah, dalam memelihara kita perlu mempersiapkan sangkar yang tepat. Persiapan kandang disesuaikan dengan tujuan dan fungsi pemeliharaannya.

Selain itu sangkar juga bukan hanya indah dipandang oleh pemilik burung. Yang lebih penting, burung kenari yang menempatinya. Bagaimana mereka bisa tetap bergerak lincah, beraktivitas dan sebagainya. Jangan hanya memburu sangkar termahal namun penghuninya stres.

Bagi Anda yang memang awam atau baru mulai terjun memelihara burung kenari. Tak ada salahnya membaca artikel ini sebagai tambahan wawasan. Setidaknya Anda tidak buta sama sekali, melainkan memiliki gambaran tentangnya.

Sangkar Kenari berdasar Fungsinya

sangkar kenari

Jangan dianggap satu jenis sangkar kenari bisa dipakai untuk semua tipe burung kicau ini. Ternyata ada sangkar kenari lomba, sangkar kenari ternak. Namun kebanyakan hanya dikategorikan dua jenis, untuk lomba dan harian.

Bedanya, sangkar yang khusus untuk kepentingan lomba. Biasanya ada ornamen atau motif ukiran di sekeliling sangkar. Tak salah jika banyak pemilik burung kenari membawa jagoannya dalam sangkar bernilai mahal saat lomba. Tentu lebih percaya diri, yang diharapkan juga ada pada burungnya.

Sedangkan sangkar harian ialah sangkar yang kita gantang di rumah sehari-hari. Sangkar yang kita taruh depan rumah, tempat kita memajang burung kesayangan setiap hari. Tentu saja tergantung kemampuan pemilik kenari, karena hanya untuk sangkar harian dibuat sederhana. Sementara bagi yang lain dipesan dengan harga fantastis.

Yang untuk lomba modelnya lebih sederhana, bahan lebih ringan dibandingkan sangkar harian. Sangkar harian banyak yang dibuat dari kayu jati. Untuk ukurannya agak tinggi dibandingkan untuk ternakan. Kandang ini berbentuk kotak dengan ukuran memanjang.

Yang harus diperhatikan ialah sangkar untuk lomba, karena burung akan dikonteskan. Suasana sangkar harus membuat burung di dalamnya nyaman. Jadi saat bertanding ia tak akan mengecewakan. Apalagi jika harus melalui perjalanan panjang dari rumah ke lokasi lomba.

Ada satu lagi yaitu sangkar petak atau box. Merupakan kandang kenari ternak yang berfungsi untuk mengawinkan. Biasanya bentuknya berbeda dengan sangkar lomba atau sangkar harian.

Kandang untuk ternak biasanya bentuknya lebih lebar di bandingkan sangkar kenari harian. Ada yang bersekat ada juga yang tidak bersekat.

Sangkar kenari jenis ini tidak digantung melainkan ditempelkan di dinding. Selain terbuat dari kayu, sangkar untuk ternak bisa terbuat dari besi seperti penggunaan untuk sangkar burung lovebird.

Hati Hati Memilih Sangkar

sangkar kenari ebod

Ada banyak merek sangkar burung di Indonesia. Yang disebut merek adalah nama pabrikan atau pembuatnya yang sudah terkenal. Harganya tentu lumayan. Namun banyak juga sangkar butung yang dibuat untuk memenuhi permintaan semata.

Meski begitu, dengan mengetahui cara memilih sangkar Anda tidak kecewa. Murah boleh tetapi usahakan jangan bawa pulang sangkar murahan. Anda sebagai kicau mania tidak bisa sembarangan memilih sangkar untuk burung peliharaan.

Selain memiliki fungsi yang vital untuk kebutuhan hobi, sangkar juga harus bisa mengakomodir semua kegiatan burung. Baik dari segi makanan hingga tempat yang nyaman untuk beristirahat.

Seperti sangkar kenari ebod ini nampak berbeda dengan sangkar ukir tetapi banyak juga peminatnya. Penghobi burung banyak juga yang menggunakan sangkar ini. Harganya pun tidak terlalu tinggi, masih dan terjangkau oleh penghobi pemula kicau mania.

Perhatikan Juga Ukuran Sangkar Kenari

sangkar kenari lomba

Kicau mania di seluruh dunia, ada satu hal cukup penting yang masih berkaitan dengan burung kenari. Jangan sepelekan ukuran sangkarnya. Ini bukan persoalan Anda memiliki uang banyak lalu membeli sangkar yang mahal. Belum tentu yang begitu mahal cocok dengan kondisi burung piaraan Anda.

Pada umumnya ukuran sangkar yang digunakan di Indonesia mempunyai lebar 40 centimeter. Ukuran tersebut kalau bisa jadikan ukuran minimal, jangan dikurangi lagi dengan alasan seni atau sebagainya. Ingat, yang akan mendiaminya ialah mehluk hidup yang memiliki beragam kebutuhan.

Ukuran tersebut menjadi kesepakatan tak tertulis para kicau mania. Yang melatarbelakanginya ialah burung juga mahluk hidup. Ukuran 40 centimeter masih memungkinkan burung bebas bergerak. Ia akan lincah. Bentuk atau postur burung kenari yang kecil juga pas dengan ukuran 40 centimeter tadi.

Kalau mau bocoran ukuran idealnya, 35x35x60 centimeter atau berukuran 38x38x65 centimeter. Kandang tersebut jauh lebih menarik dan ideal untuk burung kenari.

“Sangkar tersebut lebih menarik jika diberi ukiran di bagian atas dan pintu,” ujar Amin, penggemar burung kenari asal Tanjungpinang, Provinsi Kepri.

Baca Juga:

Berikut Daftar Transmigran Teladan dan Pembina Permukiman Transmigrasi Teladan tahun 2019

Menpar Arief Yahya: Lahirkan SDM Unggul Berhati Indonesia

Anambas, Surga Tropis yang Bersinar di Tengah Kepungan Lautan Ganas

Menurut bapak dua anak ini, sangkar tersebut lebih mahal dibandingkan sangkar polos. Namun yang terpenting adalah burung merasa nyaman dengan sangkar tersebut.

Di akhir artikel tak ada salahnya yuk kita singgung sangkar apollo. Yaitu sangkar bulat yang biasanya dipakai untuk sangkar burung lovebird, tapi juga berfungsi untuk burung kenari atau burung lainnya.

Harga sangkar kenari bulat ini tidaklah mahal berbeda dengan harga sangkar ukir maupun sangkar yang bermerek. Nah, bagi kicau mania tentukan pilihanmu dan jangan salah pilih, ya. Apalagi urusan sangkar kenari. (mft)

Bagikan berita
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •