Rekayasa Ulang Arus Lalulintas di Simpang Maut, Tanjungpinang Kekurangan Water Barrier

Loading...

TANJUNGPINANG (suarasiber) – Rekayasa ulang arus lalulintas di sekitar Simpang Maut, Jalan Wiratno – Jalan Basuki Rahmat – Jalan Pramuka – Jalan Lembah Purnama Kota Tanjungpinang, membuat arus lalulintas lancar kembali. Namun, tak sedikit pengendara kendaraan bermotor yang membandel.

Padahal, petugas dari Dinas Perhubungan Kota Tanjungpinang, dan Satlantas Polres Tanjungpinang, sudah membantu mengarahkan sejak pagi hingga matahari terbenam.

Kurangnya sarana water barrier atau pembatas jalan, dimanfaatkan untuk menerobos jalan. Khususnya, para pengendara sepeda motor.

“Padahal, itu kan membahayakan diri mereka sendiri,” kata Teguh Susanto ST, Kabid Lalu Lintas Jalan Dishub Kota Tanjungpinang kepada suarasiber.com di lokasi Simpang Maut, kemarin petang.

Untuk mengatasi ulah pengendara sepeda motor nakal itu, Dishub dan Satlantas menggunakan police line, yang diperkuat kawat. Sehingga, celah-celah kosong di antara water barrier itu bisa terlihat, dan tidak diterobos.

Rekayasa ulang itu memang mengubah arus lalulintas, dan memerlukan sarana pembatas jalan. Perubahan arus lantas yang baru itu, adalah sebagai berikut:

– Arus kendaraan dari arah Jalan Basuki Rahmat ke Jalan Wiratno, tak bisa langsung lagi. Setiap kendaraan di jalur ini harus berbelok ke jalan arah Jembatan Dompak, terlebih dulu.

Baca Juga:

Ini Pesan Bupati Anambas Saat Sambut Kedatangan Jemaah Haji

Bahagianya Warga Kampung Baru, Batam, Kini Listrik Bisa 24 Jam

Kemudian, berbelok di tikungan u-turn yang tak jauh dari Simpang Maut itu. Selanjutnya, mengarah ke arah Ramayana, dan belok kiri masuk ke Jalan Wiratno.

– Arus lantas dari arah Jalan Wiratno ke Dompak, dan ke Jalan Lembah Purnama, Tanjungpinang juga tak bisa langsung. Setiap kendaraan harus berputar di tikungan u-turn depan kantor gubernur lama.

– Arus lantas dari Jalan Lembah Purnama ke Jalan Basuki Rahmat harus masuk ke arah Jembatan Dompak, berputar di u-turn. Setelah itu mengarah ke Jalan Wiratno, baru berbelok ke arah Jalan Basuki Rahmat.

Meskipun jalan ini merupakan jalan provinsi. Namun, rekayasa ulang arus lantas ini dilaksanakan bersama oleh Dinas Perhubungan Kota Tanjungpinang, dan Satlantas Polres Tanjungpinang. (mat)

Loading...