Polisi Imbau Unjuk Rasa Pencari Suaka di Bintan, Kepri, Dihentikan

Loading...

TANJUNGPINANG (suarasiber) – Ratusan pencari suaka yang tinggal di Hotel Bhadra, Bintan, kembali berunjuk rasa di depan Kantor Perwakilan International Organization for Migration (IOM) Jalan Peralatan, Tanjungpinang, Kepri, Kamis (8/8/2019).

Kedatangan mereka masih dengan tuntutan unjuk rasa beberapa hari lalu, minta kejelasan nasib mereka ke depan, Karena sudah 7 tahunan di Pulau Bintan, sementara mereka punya keluarga di negaranya masing-masing. Mereka diantaranya berasal dari Sudan, Afghanistan, Somalia.

pencari suaka di bintan 634hdsfh
Seorang perwakilan pencari suaka berbincang dengan Kasat Intel Polres Tanjungpinang AKP Monang P Silalahi. Foto – machfut/suarasiber

Al Zoubair, seorang pencari suaka mengatakan ia dan teman-temannya akan terus mendatangi Kantor Perwakilan IOM sampai mendapatkan penjelasan.

“Tujuan kami ke sini sama seperti kemarin, tidak ada yang lain. Kami sudah 7 tahun di Indonesia, hanya makan dan tidur belum ada kejelasan,” katanya.

Sementara itu sejumlah warga yang tinggal di dekat Kantor Perwakilan IOM mengaku merasa terganggu dengan unjuk rasa para pencari suaka.

Saat disampaikan hal tersebut, Al Zoubair meminta maaf jika aktivitas pencari suaka dianggap mengganggu.

Baca Juga:

Tinggi Gelombang di Perairan Kepri hingga 2,5 Meter, Masyarakat Diingatkan Waspada

Fakultas Kedokteran UI Bakti Sosial di Natuna, Kepri

Bobby Jayanto Dipanggil KPK

Lihat Kaka Slank Salat Tepat Waktu, Artis Ini Kaget

“Kami meminta maaf, kami tidak ada pilihan lain. Pihak IOM dan UNHCR belum merespon tuntutan kami. Seperti dicuekin,” katanya.

Setelah mendapatkan keterangan dari warga juga pengunjuk rasa, Kasat Intel Polres Tanjungpinang AKP Monang P Silalahi mengimbau unjuk rasa tidak boleh dilanjutkan lagi.

“Besok pihak IOM dan UNHCR akan datang ke Hotel Bhadra untuk berdiskusi. Namun, para pencari suaka harus mengikuti aturan. “Sore ini petugas Rudenim akan datang ke Hotel Bhadra,” jelasnya.

Setelah berdiskusi dengan pihak kepolisian, pencari suaka membubarkan diri dan kembali ke Hotel Bhadra, Bintan. (mft)

Loading...