Minuman Kesehatan dari Kelapa Bakar, Coba, Yuk!

Loading...

TANJUNGPINANG (suarasiber) – Minuman kesehatan semakin hari mendapatkan tempat di hati masyarakat. Secara sederhana minuman kesehatan adalah minuman yang memiliki kandungan yang dibutuhkan tubuh. Seperti vitamin, mineral, protein dan serat.

Di Tanjungpinang ada seorang perantau asal Jogja, Aris (32) yang mengembangkan minuman segar namun memiliki fungsi kesehatan. Ia menggunakan kelapa muda bakar.

Menurut Aris kepada suarasiber, kemarin malam, kelapa muda memiliki berbagai manfaat bagi kesehatan tubuh manusia.

“Selain rasanya segar dengan ciri khasnya, air kelapa muda ternyata juga dapat menetralisir berbagai racun di dalam tubuh,” katanya.

Namun bukan sekadar kelapa muda yang dibakar lantas disuiguhkan. Oleh Aris, ditambahkan rempah rempah yang kaya akan manfaat.

Minuman Kesehatan Ini Jangan Lihat dari Kulitnya

minuman kesehatan
Aris juga turun tangan sendiri melayani pelanggan. Foto – machfut/suarasiber

Aris menyebutnya minuman kesehatan tradisional. Oleh karena itu ia berani mengatakan bukan sembarang kelapa bakar, melainkan kelapa bakar yang memiliki kelebihan.

Hanya, Aris meminta agar masyarakat tidak melihatnya dari tampilan luarnya. Kelapa bakar sebagai minuman kesahatan memiliki tampilan yang agak gosong karena diolah dengan cara dibakar di atas bara api.

“Sama seperti pepatah itu, jangan lihat buku dari sampulnya. Jangan lihat kulitnya yang gosong, melainkan manfaat airnya,” imbuhnya.

Untuk mendapatkan air kelapa yang menyehatkan, pembakaran dilakukan selama dua jam. Di atas bara api yang dijaga nyalanya.

Baca Juga:

Jurnalis Cup Bukti Keseriusan Wartawan Dukung Olahraga

Andamas Tour & Travel Resmikan Kantor di Tanjungpinang

“Superman” Juarai MotoGP Ceko 2019

Bisnis Sampingan, Modal Minim Bisa Cepat Kaya

Saat dibakar, kelapa-kelapa muda itu ditumpuk di dalam drum yang dibelah menjadi dua. Selanjutnya dibakar menggunakan kayu bakar.

Setelah itu baru dikupas, dilobangi bagian atasnya, dimasukkan rempah-rempah. Disajikan masih lengkap dengan kulitnya.

Disarankan oleh Aris, minuman kesehatan tradisional ini sebaiknya dinikmati saat masih panas atau hangat.

Obat Beragam Penyakit

Jika air kelapa muda hanya menjadi minuman segar, air kelapa yang diracik Aris adalah minuman yang menyehatkan. Ia menjelaskan, air kepala yang dicampur rempah-rempah dipercaya mengobati beragam penyakit.

Diantaranya masuk angin, sesak napas, hipertensi, rematik, capek capek, menurunkan kolesterol, metralisir racun pestisida sayuran. Juga mampu menghancurkan batu ginjal, maag, diabetes.

“Bahkan dari referensi yang ada bagus juga untuk mentralisir yang ada dalam kandungan nikotin. Ini untuk perokok,” kata Aris.

Selain itu, tak sedikit pelanggan Aris yang mengonsumsi air kepala rempah-rempahnya sebagai penambah stamina. Bukan hanya lelaki, perempuan juga banyak yang membelinya.

Bagi pembeli yang ingin menikmatinya di rumah, Aris sudah menyediakan plastik untuk membawa kelapa bakar tadi. Pembelinya juga bukan hanya warga Tanjungpinang, melainkan dari Kijang dan sekitarnya.

Suarasiber menghabiskan dua jam di tempat Aris, dan selama ini sejumlah kendaraan roda empat silih berganti datang.

Rempah Olahan Sendiri

minuman kesehatan adalah
Tak sedikit yang memesan lewat ponsel. Foto – machfut/suarasiber

Aris yang menjaga kualitas jualannya tak mau sembarangan, khususnya untuk rempah-rempahnya. Untuk itu Aris pun tahu jenis-jenis bahan, seperti akar dan dedaunan yang memiliki khasiat tertentu.

Dimintai keterangan lebih lanjut soal resepnya, Aris mengatakan bahwa itu rahasia.

Sedangkan untuk kelapa yang digunakan jenisnya yang hijau. Kelapa ini dibeli dari pemanjat. Meski ukuran kelapa kadang berbeda, namun Aris memberikan label harga sama.

Dalam sehari Aris hanya menyediakan 100-an butir kelapa. Jadi jika ada pembeli yang tidak kebagian, ia menyarankan untuk datang besok malamnya.

Minuman Kesehatan Bisa Dipesan Dahulu

minuman segar
Sambil ngobrol, minuman menyehatkan ala Aris benar-benar jos. Foto – machfut/suarasiber

Hal itu lantaran untuk membuatnya butuh proses, sehingga banyak pelanggan Aris yang memesannya terlebih dahulu.

Aris melayani pembeli dari jam 5 sore sampai jam 11 malam di Simpang Jalan Ganet, Batu 11 Tanjungpinang, Kepri. Biar gampang dikenali atau memudahkan warga mencarinya, Aris membangun pondok yang diberi nama Base Camp Si Bolang.

Soal harga, satu butir kelapa muda bakar plus rempah dibanderol Rp17 ribu.

Uniknya, rempah-rempah yang dimasukkan ke dalam air kepala yang sudah dibakar boleh berbeda. Sesuai kebutuhan pelanggan.

“Boleh juga jika memang tak menginginkan madu. Saya buatkan,” kata Aris sambil melayani pembelinya.

Dan ponsel itu selalu di kantongnya, agar seaktu-waktu ada yang menelepon melakukan pemesanan bisa segera dilayani. Sementara ini Aris hanya mengandalkan SMS dan telepon, belum menggunakan media sosial.

Nah, ingin menikmati segar dan nikmatnya air kelapa sebagai minuman kesehatan? (mft)

Loading...