Lahan Milik Aseng di Kampung Sidojasa Terbakar

Loading...

TANJUNGPINANG (suarasiber) – Kebakaran melanda lahan seorang warga di Kampung Sidojasa, Tanjungpinang, RT 4 RW 3, Kelurahan Batu IX, Tanjungpinang, Rabu (7/8/2019) malam. Belum diketahui apa penyebab kebakaran ini.

kebakaran lahan aseng 2
Lidah api membubung ke angkasa, memerahkan langit Kampung Sidojasa, Kelurahan Batu IX, Tanjungpinang, Kepri. Foto – machfut/suarasiber

Suarasiber yang tiba di lokasi masih menyaksikan kobaran api merambat dari atas bukit, membakar pepohonan dan semak. Menurut keterangan warga, lahan yang terbakar milik perusahaan dan ada di bukit. Warga pun mengantisipasi agar tidak menjalar ke perumahan mereka.

Warga Sidojasa, Warnadi (36) mengatakan kebakaran terjadi saat warga mau menunaikan salat maghrib.

“Saya dan warga melihat ada titik api yang di atas bukit. Cukup terang dan tampak kalau itu api. Warga yang panik langsung mencoba memadamkan,” tuturnya.

Bhabinkamtibmas Kelurahan Batu IX, Aipda Suranto SH dibantu warga terlihat ikut mencoba memadamkan api dengan alat seadanya. Mereka menggunakan ranting kayu.

“Anginnya kencang, Mas. Warga kewalahan memadamkan api,” ujarnya.

Pada saat itulah muncul inisiatif warga untuk menghubungi pihak pemadam kebakaran (Damkar). Kebetulan ada seorang anggota Damkar tinggal dekat lokasi kebakaran.

Pantauan suarasiber, hingga pukul 19.00 WIB masih ada dua mobil Damkar Kota Tanjungpinang dan satu mobil tangki air masih menyemrpotkan air. Lokasi kebakaran yang sulit dijangkau membuat upaya pemadaman membutuhkan waktu lama.

kebakaran lahan aseng 1
Alhamdulillah, setelah dua Damkar dan satu mobil tangki air datang api di lahan Aseng dapat dipadamkan. Foto – machfut/suarasiber

Akhirnya dalam waktu kurang lebih dua jam api dapat dipadamkan.

Informasi lain yang didapatkan suarasiber, lahan yang terbakar milik Aseng (PT Sumber). Luas lahan yang terbakar kurang lebih 1.5 hektare.

Sampai saat ini belum diketahui apa penyebab kebakaran lahan dan masih dalam penyelidikan pihak kepolisian. (mft)

Loading...