Konduktor Gita Bahana Nusantara 2019 di Istana Negara Ternyata Putra Alm Kusbini

Loading...

TANJUNGPINANG (suarasiber) – Paduan suara dan orkestra Gita Bahana Nusantara (GBN) 2019 tampil memukau dengan membawakan sejumlah lagu saat Peringatan HUT Kemerdekaan RI ke-74 di Istana Negara, Sabtu (17/8/2019). Ternyata konduktor 1-nya adalah putra pencipta lagu perjuangan Bagimu Negeri, Kusbini.

Seperti ditayangkan Fokus Indosiar, Kamis (15/8/2019), GBN memainkan beberapa lagu nasional dan tradisional Indonesia. Di antaranya Indonesia Raya, Nyanyian Negeriku, Sajojo, dan juga Rayuan Pulau Kelapa.

Alm kusbini
Foto – kusbini.blogspot.com

Menurut Sapta Ksavara Kusbini, Konduktor 1 GBN, paduan suara dan orkestra ini dinaungi Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. Setiap tahun grup ini memanggil putra putri terbaik yang memiliki kemampuan musikalitas yang tinggi.

Peserta terdiri dari 136 paduan suara dan 74 orkestra. Mereka mewakili 34 provinsi yang ada di Indonesia.

Peserta audisi yang lolos kemudian mengikuti latihan 19 hari untuk tampil di Istana Negara, setelah sebelumnya tampil di acara kenegaraan di Gedung MPR/DPR RI pada 16 Agustus 2019.

Suarasiber menemukan blog yang memuat tentang sisi kehidupan Kusbini dan keturunannya. Kusbini lahir di Desa Kemlagi, Mojokerto, Jawa Timur pada 1 Januari 1910. Ia wafat di Yogyakarta, 28 Februari 1991. Sejumlah karyanya legendaris hingga saat ini.

Diantaranya Bagimu Negeri, Cinta Tanah Air, Merdeka, Pembangunan, Salam Merdeka, Keroncong Purbakala, Pamulatsih, Bintang Senja Kala, Keroncong Sarinande, Keroncong Moresko, Dwi Tunggal dan Ngumandang Kenang.

Dalam blog yang beralamat di kusbini.blogspot.com ini, dituliskan juga bahwa Kusbini pernah menjadi pemusik dan penyanyi perusahaan rekaman porongan hitam Hoo Soen Hoo pada tahun 1935 – 1939. Pada 1941 ia juga membintangi film Jantung Hati dan Air Mata Ibu. Selain itu Kusbini pernah bekerja di Radio Militer Hooso Kanri Kyoku dan Pusat Kebudayaan Jepang di bidang musik.

Kusbini pernah menerima penghargaan berupa Piagam Anugerah Seni Pemerintah Republik Indonesia. Sementara saat suarasiber mencermati daftar anak-anak Kusbini, tercantum Sapta Ksvara yang tak lain adalah Konduktor 1 GBN 2019. Sapta merupakan anak ketujuh dari 11 bersaudara.

Dalam kanal Youtube bisa apa? edisi Orkestra Muda Jempolan!!! SMM Yogyakarta yang dipublish 8 Januari 2019 diketahui jika Sapta Ksavara Kusbini merupakan seorang guru di Sekolah Menengah Musik (SMM) Yogyakarta atau SMK Negeri 2 Kasihan, Bantul, Yogyakarta.

Dalam video tersebut terlihat ketegasan cara mengajar putra alm Kusbini ini. Ia bahkan tak masalah jika harus dianggap guru killer di sekolah yang muridnya dari berbagai daerah di Indonesia ini.

“Mereka (para siswa) harus kita gembleng mati-matian. Supaya nanti kalau mereka ngajarkan ilmunya juga kerja keras. Semaput ya saya biarin,” jawabnya saat diwawancara.

Seorang murid SMM dari Tanjungpinang yang mengambil jurusan Gitar Klasik, M Farand Ilalang saat dimintai keterangan membenarkan jika Sapta Ksvara Kusbini merupakan guru di sekolahnya. (man)

Loading...