Hobi Nonton Situs Terlarang? Awas, Layar Ponselmu Bisa Direkam Diam-diam

Loading...

SUARASIBER – Peringatan bagi pengguna smartphone yang selama ini hobi membuka situs terlarang terkait asusila dikeluarkan oleh peneliti keamanan di ESET. Hantu digital berbentuk malware yang harud diantisipasi ialah Varenyky.

Malware ini menyebar lewat email, begitu Anda klik maka akan aktif dan mendapatkan akses untuk menjalankan macro di Word. Keahlian Varenyky ialah mencuri password korban serta informasi keuangannya. Celakanya, malware ini bisa merekam segala aktivitas di layar smartphonemu saat menonton adegan syur lewat situs tak senonoh.

Varenyky masuk lewat email yang terkesan resmi berisi tagihan telepon.

Setelah Varenyky aktif dan sudah merekam layar si korban, maka akan ada email yang dikirimkan ke korban. Korban dipaksa membayar sejumlah uang. Jika idak bersedia rekaman video yang dicuri dari aktivitas di layar smartphonemu akan disebarkan.

Dilansir dari The Next Web, Ahad (25/8/2019). saat ini target Varenyky adalah konsumen ISP Orange SA di Prancis. Namun tak menutup kemungkinan digunakan menyerang ISP lainnya.

Bruce P Burrell dari ESET menyebutkan sebenarnya malware semacam ini bukan ancaman besar. Bahkan ia mengatakan peralatan yang digunakan para pembuatnya bisa dibeli dengan mudah di dark web.

Agar terhindar dari serangan semacam ini, disarankan agar pengguna rajin mengupdate sistem operasi dan penangkal virsunya. Jauh lebih penting ialah waspada tatkala menerima email yang tak jelas juntrungnya. (man)

Loading...