Berikut Daftar Transmigran Teladan dan Pembina Permukiman Transmigrasi Teladan tahun 2019

Loading...

TANJUNGPINANG (suarasiber) – Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi (Kemendes PDTT) memilih Transmigran Teladan dan Pembina Permukiman Transmigrasi Teladan tahun 2019 di Jakarta, Kamis (15/8/2019).

Acara ini sebagai penghargaan dan pengakuan atas prestasi transmigran dalam meningkatkan kesejahteraannya, dan dedikasi para pembina permukiman transmigrasi dalam menata dan berkarya serta mengembangkan permukiman transmigrasi.

Pemilihan diikuti 17 orang Transmigran Teladan dan 17 orang Pembina Permukiman Transmigrasi Teladan yang berasal dari 18 Provinisi Daerah Tujuan yang berpredikat teladan tingkat Provinsi dari sejumlah 23.490 KK transmigran pada 154 unit permukiman transmigrasi di 105 kabupaten.

Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi Eko Putro Sandjojo mengapresiasi para transmigran dan pembina transmigran atas kontribusinya membangun di wilayah transmigrasi dan mampu meningkatkan ekonomi.

“Saya bangga transmigran teladan ini bisa berpendapatan Rp100 juta pertahun. Malah ada transmigran yang pendaptannya lebih dari Rp600 juta pertahun. Kalah gaji menteri,” ungkapnya.

Ia melanjutkan, bahwa kunci semua itu adalah kualitas SDM. Bagaimana mengoperasikan teknologi pertanian, juga perlunya pelatihan hospitality untuk pengembangan di sektor pariwisata.

“Para transmigran ini dulunya ada yang sebagai sopir truk, TKI, tukang tambal ban, buruh tani, kuli bangunan, buruh serabutan, security dll. Setelah ikut program transmigrasi mampu menyekolahkan anak sampai perguruan tinggi, jadi memiliki lahan dan SHM,” jelasnya, seperti dilansir dari kemendesa.go.id.

Sejalan dengan hal tersebut Direktur Jenderal Pengembangan Kawasan Transmigrasi (PKTrans) Kemendes PDTT M. Nurdin mengatakan penganugerahan ini adalah sebagai bentuk apresiasi dari pemerintah atas upaya mereka sehingga berhasil dan memberikan perubahan.

Berdasarkan surat keputusan Mendes PDTT No.84 tahun 2019 tentang transmigran teladan dan pembina transmigrasi teladan, ditetapkan juara 1-3 dan harapan 1-3.

Baca Juga:

Menpar Arief Yahya: Lahirkan SDM Unggul Berhati Indonesia

Anambas, Surga Tropis yang Bersinar di Tengah Kepungan Lautan Ganas

Isdianto Sambut di Bandara, Arif Tunggu di Asrama Haji

Transmigran Teladan 2019

  • Juara 1: Doddy Tisna Amijaya, Satuan Permukiman (SP) Tongo II SP.2 Lemar Lempo, Desa Sekongkang Atas, Kec. Sekongkang, Kab. Sumbawa Barat, Nusa Tenggara Barat
  • Juara 2: Robert Kale, SP Laimbaru, Desa Laindeha, Kec. Pandawai, Kab. Sumba Timur, Nusa Tenggara Timur
  • Juara 3: Choirul Anwar, SP Lapokamata, Desa Siotapina, Kec. Lasalimu, Kab. Buton, Sulawesi Tenggara
  • Harapan 1: Roni Dwi Susanti, SP. Kabera, Desa Kabera, Kec. Bungku Barat, Kab.Morowali, Sulawesi Tengah
  • Harapan 2: Katiran, SP Waleh SP.3, Desa Waleh, Kec. Weda Utara, Kab. Halmahera Tengah, Maluku Utara
  • Harapan 3: Kabidin, SP SP.2 Teget, Desa Teget, Kec. Pintu Rime Gayo, Kab. Bener Meriah, Aceh

Pembina Permukiman Transmigrasi Teladan 2019

  • Juara 1: Rahman Budiawan, SP Tanjung Buka, SP.6, Desa Tanjung Buka, Kec. Tanjung Palas Tengah, Kab. Bulungan, Kalimantan Utara
  • Juara 2: Roni Ahmad, SP Motongkad, Desa Naungan, Kec. Motongkad, Kab. Bolaang Mongondow Timur, Sulawesi Utara
  • Juara 3: Nasrullah, SP Tongo II SP.2 Lemar Lempo, Desa Sekongkang Atas, Kec. Sekongkang, Kab. Sumbawa Barat, Nusa Tenggara Barat
  • Harapan 1: Hermawan, SP Kabera, Desa Kabera, Kec. Bungku Barat, Kab. Morowali, Sulawesi Tengah
  • Harapan 2: Jumain, SP Lantang Talang, Desa Lantang Talang, Kec. Masamba, Kab. Luwu Utara, Sulawesi Selatan
  • Harapan 3: Imanuel, SP Rano, Desa Rano, Kec Mehalaan, Kab. Mamasa, Sulawesi Barat

Peserta transmigran dan pembina kawasan transmigrasi teladan ini berasal dari Provinsi Aceh, Bengkulu, Sumatera Selatan, Kalimantan Barat, Kalimantan Utara, Gorontalo, Sulawesi Utara, Sulawesi Tengah, Sulawesi Selatan, Sulawesi Tenggara, Sulawesi Barat, Maluku, Maluku Utara, NTB, NTT, Papua, dan Papua Barat.

Para transmigran dan pembina transmigran teladan selama kompetisi di Jakarta menghadiri beberapa agenda, salah satunya mendengarkan Pidato Kenegaraan di Gedung Dewan Perwakilan Rakyat Republik Indonesia (DPR), Senayan dan Upacara Kemerdekaan di Istana Negara bersama Presiden Republik Indonesia. (man)

Loading...