Masyarakat Kampung Melayu, Senggarang, Kepri, Upacara 17 Agustus di Atas Laut

Loading...

TANJUNGPINANG (suarasiber) – Masyarakat Kelurahan Senggarang, Kecamatan Tanjungpinang Kota, Kabupaten Tanjungpinang, Kepulauan Riau bersama jajaran Polsek Tanjungpinang Kota dan Posmat TNI – AL menggelar upacara bendera, Sabtu (17/8/2019).

Upara peringatan 74 tahun kemerdekaan RI ini lokasinya bukan di tempat pada umumnya. Melainkan di atas laut. Masyarakat mendirikan tiang-tiang dan papan sebagai penahan peserta upacara. Unik dan menarik.

hut ri di atas air 2
Semuanya di atas laut, baik di atas sampan apung atau pelantar. Unik, ya? Foto – istimewa

Kapolsek Tanjungpinang Kota , AKP Reza Anugrah A.P., S.H., S.I.K. bertindak sebagai Inspektur Upacara. Upacara juga diikuti Danposmat Senggarang Peltu Sugianto, Bhabinkamtibamas kel. Senggarang Bripka Agus Sasmita, Anggota Posmat Sertu Suyantri, Forum RT/RW Kelurahan Senggarang, pelajar dan masyarakat setempat.

Kapolres Tanjungpinang AKBP Ucok Lasdin Silalahi melalui Kapolsek Tanjungpinang Kota mengatakan lokasi upacara di atas air adalah inisiatif warga. Khususnya warga Kampung Melayu RW VII yang mayoritas bermatapencaharian sebagai nelayan.

“Ini merupakan inisiatif masyarakat. Bekerja sama dengan Polsek Tanjungpinang Kota dan Posmat TNI AL,” terang Reza Anugrah.

Meski dilaksanakan secara sederhana, namun upacara khidmat. Sepanjang pelaksanaan rangkaian upacara, angin laut bertiup, suara angin dan sesekali ombak kecil justru menambah hening dan penuh makna.

Ketua Panitia Pelaksana yang juga Ketua RW VII Izaini mengatakan, untuk upacara ini masyarakat dan TNI – Polri membangun sampan apung. Sampan inilah tempat pengibar bendera menaikkan bendera Merah Putih.

“Semuanya menggunakan dana swadaya dan gotong royong masyarakat. Termasuk untuk menyediakan umbul-umbul, menghias pelantar,” ujarnya.

Para pengibar bendera adalah para pelajar yang berasal dari Kampung Melayu sendiri. (mat)

Loading...