882 Peserta dari 55 Negara Sudah Daftar Ironman 70.3 Bintan 2019

Loading...

SUARASIBER – Kabupaten Bintan kembali menyelenggarakan perhelatan kegiatan sport tourism internasional berupa triathlon dan Ironman 70.3. Diselenggarakan 25 Agustus 2019, hingga saat ini 882 peserta dari 55 negara sudah melakukan registrasi.

Kepala Dinas Pariwisata Kepulauan Riau Buralimar memperkirakan jumlah peserta akan terus bertambah. Karena, pendaftaran masih terus berlangsung.

“Berdasarkan update terakhir yang kita terima, sebanyak 882 peserta dari 55 negara sudah melakukan registrasi. Atau sudah dipastikan tampil dalam Ironman 70.3 Bintan 2019. Jumlah ini akan terus bertambah. Karena target kita adalah 1.200 peserta,” papar Buralimar, Senin (12/8/2019).

Negara-negara yang akan ambil bagian adalah Singapura, Indonesia, Australia, Great Britain, Filipina, Japan, India, Prancis, New Zealand, dan Amerika Serikat. Rata-rata peserta berusia 40 tahun. Sementara ini, peserta tertua adalah Garth Barfoot asal New Zealand. Garth tercatat berusia 83 tahun.

“Ironman 70.3 termasuk event yang ditunggu banyak wisatawan. Event ini juga sudah lama dipromosikan. Termasuk dalam sejumlah kegiatan di Bintan, seperti Bintan Triathlon. Peminatnya sangat banyak. Makanya kita optimis peserta akan membludak,” papar Buralimar lagi.

Deputi Bidang Pengembangan Pemasaran I Kementerian Pariwisata Rizki Handayani, mengatakan Ironman 70.3 semakin mempertegas Bintan sebagai destinasi sport tourism terbaik di Indonesia.

“Bintan adalah tuan rumah buat banyak event sport tourism. Ironman 70.3 hanya satu dari berbagai event yang ada di sana. Yang hebatnya, semua event sport tourism yang digelar di Bintan selalu ramai peserta mancanegara,” kata Rizki, diamini Asdep Pengembangan Pemasaran I Regional I Kemenpar Dessy Ruhati.

Sedangkan Ketua Tim Pelaksana Calendar of Event Kementerian Pariwisata Esthy Reko Astuty membenarkan jika Ironman 70.3 selalu dibanjiri peserta.

“Yang bisa menjadi gambaran adalah jumlah peserta tahun 2018. Total peserta adalah 1.245. Terdiri dari 225 peserta wanita. Jumlah ini meningkat 19% dibanding 2017. Sedangkan jumlah peserta pria menyentuh angka 1020 orang. Atau naik hingga 81% dibandingkan 2017. Ini membuktikan jika event ini sangat diminati,” jelas Esthy.

Menariknya, muka-muka lama masih mendominasi peserta Ironman 70.3 Bintan 2019. Karena, 34% peserta yang sudah melakukan registrasi adalah peserta tahun lalu. Sedangkan peserta lain mengaku mengetahui event ini melalui Email, mesin pencarian atau Google, media sosial seperti Facebook dan Instagram, serta dari rekan satu tim.

Menteri Pariwisata Arief Yahya mengatakan jika salah satu hal yang terpenting untuk mendatangkan wisatawan atau peserta mancanegara ke event sport tourism adalah promosi.

“Dalam sport tourism, hal terpenting jelas prize. Atau hadiah. Tapi hal itu juga tidak ada artinya jika promosi tidak dilakukan dengan benar. Atau tidak tepat sasaran. Bintan sudah mengetahui strategi itu. Sebagai border area, Bintan menyasar peserta asal Singapura dan Malaysia. Apalagi di sana banyak ekspatriat. Ini yang membuat event mereka selalu ramai,” paparnya. (mat)

Loading...