Rakernas XX HKI di Kepri, Usung Tema Bank Tanah

Loading...

TANJUNGPINANG (suarasiber) – Plt Gubernur Kepri Isdianto menghadiri bussiness forum dan Rakernas XX Himpunan Kawasan Industri (HKI) Indonesia di Hotel Bintan Lagoon Resort, Lagoi, Kabupaten Bintan, Kamis (25/7/2019). KOnsep bank tanah banyak dibahas dalam pertemuan ini.

Tema lengkapnya ialah Konsep Bank Tanah dalam Pengembangan Kawasan Industri’. Kegiatan ini sekaligus bentuk peringatan hari jadi HKI ke-32. Isdianto berharap Rakernas ini nantinya menghasilkan komitment-komitment positif terhadap pertumbuhan perekonomian di Bintan khususnya dan Kepri secara umum.

“Konsep bank tanah ini sangat bagus. Semoga akan ada terobosan lain untuk mendongkrak industri Kepri, jika industri hidup geliat ekonomi juga tumbuh seiring,” ungkap Isdianto.

rakernas hki di bintan 2
Foto – humas kepri

Kepulauan Riau dengan jumlah 2.408 pulau. Luas laut 96 persen dan hanya 4 persen daratannya. Juga hanya didukung dengan PAD yang cenderung kecil. Sementara pembangunan harus terus dilakukan dengan kondisi harus menyeberangi lautan serta biaya yang tidak sedikit. Oleh karenanya butuh peran serta pihak swasta untuk mempercepat pembangunan di Kepi.

Karena itulah Isdianto berharap Rakeras HKI ini pro rakyat, Konsep bank tanah dalam pengembangan industri ini adalah konsep yg baik. Diakui, industri sering terbentur dengan masalah pembebasan lahan. “Dari kegiatan ini semoga segera ada solusinya,” terang Isdianto.

Hadirdalam kesempatan ini Dirjen Ketahanan, Perwilayahan dan Akses Industri Internasional Kementerian Perindustrian Dr. Ir. Dody Rahadi MT sekaligus yang membuka kegitan ini.

Dody berharap perindustrian diseluruh Indonesia tetap berjalan dengan sehat produktif. Termasuk industri yang ada di Kepri, terkhusus lagi di Bintan.

Pembukaan business forum dan Rakernas XX HKI ini ditandai dengan pemukulan gong dan saling tukar cinderamata.

Pejabat pusat lainnya yang juga hadir dalam kesempatan ini adalah Dirjen Penanganan Sengketa Kemnterian ATR/BPN RB Agus Wijayanto, Wakil ketua komisi II DPR RI Herman Khairon dan Ketua Umum HKI Sani Iskandar. Adapun yang lainnya adalah para pelaku usaha dan industri dari seluruh Kepulauan Riau.

Sedangkan dari Kapolda Kepri Diwakili oleh Direktur Pengamanan Objek Vital Hari Sindo Nugroho.

rakernas hki di bintan 3
Foto – humas kepri

Sudah menjadi suatu keniscayaan bahwapembangunan memerlukan ketersediaantanah dalam skala yang luas. Hanya saja semakin hari semakin sulit memperoleh tanah.

Kondisi ini menimbulkan gagasan pendirian bank tanah di Indonesia mulai sejak awal tahun 1980-an. Ide ini kemudian bergulir namun belum pernah secara serius dilaksanakan.

Barulah pada Rencana Pembangunan Jangka Menengah Nasional (RPJMN) Tahun 2015-2019, pemerintahan secara tegas menetapkan perlunya pendirian bank tanah di Indonesia. Bahkan pemerintah telah menetapkan salah satuquick wins pada tahun 2015 berupa penerbitan Keputusan Presiden tentang Bank Tanah.

Usai Rakernas, para peserta menyeberang ke Singapura untuk melakukan kunjungan yang masih berkaitan dengan program kerja HKI. (mat)

Loading...