Menghilangkan Kutil Kelamin, Alami, Cepat Sembuh

Loading...
cara menghilangkan kutil kelamin

TANJUNGPINANG (suarasiber) – Menghilangkan kutil kelamin mungkin sesuatu yang membuat Anda pusing. Jika Anda adalah salah satu pemilik kutil di kelamin, cara paling gampang ialah datang ke dokter spesalis.

Pada dasarnya, beberapa penderita kutil jenis ini pernah share di media sosial penyakit ini hilang dengan sendirinya. Tetapi Anda pasti risih di bagian sensitif tiba-tiba muncul pemandangan yang tak menarik.

Kasus kutil kelamin dialami banyak orang di dunia setiap tahun. Cara menghilangkan kutil kelamin juga menjadi kata kunci pencarian yang cukup banyak di dunia maya.

Nah, ada kabar baik bagi Anda yang khawatir bahaya kutil kelamin. Atau yang sedang stres menghadapi kutil kelamin ringan, ternyata bisa diobati dengan bahan alami, Jika dilakukan secara telaten, kutil kelamin akan cepat sembuh.

Sebelumnya mungkin Anda bertanya, masa sih banyak penderita kutil kelamin? Penelitian Journal of Clinical and Aesthetic Dermatology mencatat bahwa setiap tahunnya ada jutaan kasus kutil kelamin. Belum lagi yang punya tetapi malu-malu dan diam-diam mengobatinya. Penyebaran utamanya adalah hubungan seksual tanpa proteksi.

Kenali Dahulu sebelum Menghilangkan Kutil Kelamin

kutil kelamin ringan

Kutil kelamin pada medis dikenal dengan condylomata acuminate yang disebabkan oleh virus human papillomavirus atau HPV. Sebagian besar kutil kelamin tidak menyebabkan rasa sakit pada penderitanya.

Apakah penyakit kulit ini berpeluang menimbulkan kanker? Dari beberapa referensi disebutkan, memang ada kaitan antara virus HPV dengan kanker seperti kanker serviks. Namun begitu kutil kelamin tidak menyebabkan kanker.

Cara menghilangkan kutil kelamin bisa dengan operasi. Tetapi cara ini juga tak menjamin ke depan ia tak akan muncul lagi. Waduh, pemilik kutil kelamin ringan pun pasti was-was, ya?

Gampangnya, kutil adalah tumor jinak di permukaan kulit yang timbul akibat infeksi HPV tadi. Ada beberapa jenis HPV penyebab kutil yang ditularkan melalui kontak kulit ke kulit saat berhubungan seksual.

Bila pilihan Anda ke dokter, akan dilakukan pendiagnosan dengan melihat bentuknya. Karena kutil di bagian sensitif pun bisa hanya berupa benjolan, jumlahnya satu atau banyak. Dokter kulit akan lebih paham masalah ini.

Mungkin Anda akan langsung ketakutan saat melihat kutil di alat kelamin. Namun, ketahuilah bahwa kutil kelamin merupakan penyakit menular seksual yang paling lazim. Jika Anda merasa tidak nyaman, kunjungi dokter untuk mendiskusikan perawatan yang dapat diterapkan di rumah. Ada banyak opsi untuk meringankan gejalanya dan mempercepat pemulihan Anda!

Sebelum mencoba beberapa cara menghilangkan kutil kelamin di rumah, lakukan hal ini dahulu. Pastikan mendapatkan bahan-bahannya dari tempat yang terpercaya. Lalu, diskusikan juga dengan dokter ya!

Cara Alami Menghilangkan Kutil Kelamin

bahaya kutil kelamin

Banhan-bahan yang akan diurikan di bawah ini semuanya berasal dari alam, seperti tumbuh-tumbuhan.

Minyak Daun Teh

Sejak lama sebenarnya manusia sudah menggunakan minyak daun teh untuk mengatasi problem kulit. Dalam daun teh ternyata mengandung antimicrobial yang mampu menekan pertumbuhan virus, termasuk yang menyebabkan tumbuhnya kutil kelamin.

Tahun 2008 lalu, sempat viral seorang anak berhasil menghilangkan kutil di tangannya berkat minyak ini. Yang harus Anda perhatikan, terkadang penggunaan minyak daun teh untuk atasi kutil kelamin ringan memiliki efek panas pada kulit. Caranya cukup dioleskan pada kutil.

Bawang Putih

He he he, ternyata bawang putih bukan hanya enak dipakai untuk penyedap makanan. Kandungan antiviral yang dimiliki bawang putih bisa menekan penyebaran sel yang terinfeksi virus HPV.

Caranya, hancurkan bawang putih hingga lembut seperti pasta. Oleskan pada bagian berkutil, diamkan 20 sampai 30 menit lali bilas dengan air bersih. Lakukan setiap hari.

Lidah Buaya

lidah buaya

Yang sedang ingin menghilangkan kutil kelamin, mencari cara menghilangkan dan takut bahaya kutil kelamin, juga bisa mencoba daun lidah buaya.

Lidah buaya mengandung malic acid, zat asam yang bisa membantu mengatasi tumbuhnya kutil kelamin. Caranya pun sangat mudah. Pencet lidah buaya, tampung pada 1 atau 2 sendok teh, oleskan pada bagian yang bermasalah. Diamkan 15 – 20 menit. Lakukan sehari dua kali.

Cuka Apel

Yang pusing memikirkan bahaya kutil kelamin jangan dibiarkanberlarut-larut. Penyakit ini lazim dan tidak seperti yang dibayangkan. Mau bahan alami lain?

Cuka apel jawabannya. Kandungan asamnya dikabarkan mampu membasmi virus. Caranya oleskan pada kulit yang ditumbuhi kutil dengan kapas.

Sayuran Hijau

Menghilangkan kutil kelamin juga bisa dengan cara yang mengeyangkan. Yaitu mengonsumsi sayuran hijau. Pilih saja sayuran yang mengandung banyak serat.

Contohnya brokoli, kembang kol, kubis atau sayuran lain yang mengandung Indole-3-Carbinol. Sangat disarankan untuk mengonsumsi sayur 4-5 kali per harinya, anggap saja sebagai pelengkap nasi.

Ubah Gaya Hidup

Selain menggunakan bahan alami untuk menghilangkan kutil kelamin, kesadaran bahwa Anda butuh tubuh sehat jauh lebih penting. Jika sudah paham HPV adalah virus yang tertular lewat aktivitas seksual, lakukanlah seks sehat.

Jika memang harus melakukannya, gunakan kondom saat berhubungan seksual. Dan jangan lupa bicaralah dengan pasangan Anda bahwa ada kutil di kelamin Anda.

Sebagai catatan terakhir, ketahuilah bahwa virus penyebab kutil kelamin akan bertahan di tubuh dalam jangka panjang. Tak menutup kemungkinan kembali tumbuh.

Bahwa virus HPV ini juga masih bisa menular pada partner seksual Anda bukan sesuatu yang mustahil. Komunikasikan hal ini dan jangan ragu untuk mendatangi dokter untuk menemukan solusinya.

Bahaya kutil kelamin, meski ringan justru kalau Anda malu dan risih. Sehingga merasa tak percaya diri sehingga menganggu aktivitas seksual dengan istri atau suami.

Demikianlah uraian tentang cara menghilangkan kutil kelamin. (man)

Loading...