Marquez Tak Bisa Dikalahkan di MotoGP Jerman

Loading...

TANJUNGPINANG (suarasiber) – Marc Marquez alias si Baby Alien, pebalap MotoGP dari tim Repsol Honda tercatat sebagai pemegang rekor di sirkuit Sachsenring, Jerman. Dia sudah enam kali menjuarai MotoGP Jerman secara berurutan atau sejak 2013 – 2018.

Dominasi Marquez di MotoGP Jerman, bahkan sudah dimulai sejak dia masih di kelas Moto3 (dulu 125cc) dan Moto2 (250cc).  Kelas Moto3 dijuarainya tahun 2010. Sedangkan di kelas Moto2 tahun 2011, dan tahun 2012.

Praktis selama 9 musim terakhir, selalu naik podium tertinggi. Fakta data tersebut menegaskan, Marquez sebagai Raja MotoGP Jerman, yang akan digelar kembali, Minggu (7/7/2019) pukul 19.00 WIB.

Rangkaian balapan sudah dimulai sejak Jumat (5/7/2019), dengan agenda latihan bebas yang dilaksanakan hingga, Sabtu (6/7/2019) petang. Kemudian dilanjutkan dengan babak kualifikasi, untuk menentukan posisi start.

Hingga seri MotoGP Jerman, Marquez kukuh di puncak klasemen, dan unggul 44 poin dari Dovioso di posisi kedua. Jika berhasil jadi juara lagi di Jerman, selisihnya bisa semakin jauh.

Konsistensi Marquez nyaris di semua seri menjadi pembeda dengan rivalnya. Selain itu, Marquez pun sudah mengubah gaya balapnya.

Si baby alien ini tak lagi membalap dengan emosi, tapi strategi. Bahkan, terkesan asal cukup finish di depan saingan terdekatnya di klasemen sementara. Seperti yang terlihat di sirkuit Assen, Belanda pekan lalu.

MotoGP Jerman 2019 diprediksi akan menjadi milik Marquez lagi. Dovioso yang jadi kompetitor terdekatnya masih inkonsisten. Motor Ducati tunggangannya memang kuat, dan cepat. Tapi, tidak di semua sirkuit.

Kelemahan Ducati, yang juga ditunggangi Petrux alias Petrucci, terlihat jelas di Assen, Belanda. Vinales dan Rossi diprediksi akan menjadi pesaing Marquez di Jerman.

Bakal pesaing lainnya adalah Alex Rins dari Suzuki. Namun, Rins yang juga tangguh terkadang melakukan kesalahan sendiri, yang berujung jatuh.

Selain para pebalap itu ada juga Quartararo dari tim Petronas Yamaha, si pendatang baru di kelas MotoGP. Meski belum konsisten, dia punya mental tangguh saat berpacu dengan para seniornya. Patut dinantikan aksi-aksi para pebalap hebat itu.

10 Besar Klasemen sementara MotoGP 2019:

1. Marc Marquez 160 poin
2. Andrea Dovizioso 116 poin
3. Danilo Petrucci 108 poin
4. Alex Rins 101 poin
5. Valentino Rossi 72 poin
6. Fabio Quartararo 67
7. Maverick Vinales 65
8. Jack Miller 60
9. Pol Espargaro 52
10. Cal Crutchlow 51. (mat)

Loading...