Berikut Lokasi 4 Tapak Jembatan Batam – Bintan

Loading...

TANJUNGPINANG (suarasiber) – Jembatan Babin yang anggaran pembangunannya sekitar Rp4 triliun ini, akan dihubungkan melalui titik di Kabil, Batam dengan Lobam, Bintan.

Ada 4 tapak Jembatan Batam Bintan, yang panjangnya sekitar 6,377 Km.

Tapak pertama di Kabil, Batam. Tapak kedua di Tanjungsauh. Tapak tiga di Pulau Ngenang. Tapak empat di Tanjungtalok, Lobam, Bintan.

Tapak I (Kabil) ke tapak II (Tanjungsauh) dihubungkan jembatan yang panjangnya sekitar 2.170 meter.

Tapak II (Tanjungsauh) ke tapak III (Pulau Ngenang) dihubungkan jembatan dengan panjang sekitar 293 meter.

Tapak III (Pulau Ngenang) ke tapak IV (Tanjungtalok, Lobam) dihubungkan jembatan yang panjangnya sekitar 3.814 meter.

Sebelumnya, suarasiber pernah memberitakan tim dari PUPR yang turun ke lokasi bakal dibangunnya jembatan ini, pada 9 April 2019 lalu.

Kedatangan 8 orang tim dari Ditjen Bina Marga Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) ini terjadi berselang 3 hari dari pernyataan Presiden Joko Widodo yang menginginkan jembatan dibangun secepatnya.

Kala itu, Kepala Balai Wilayah Sungai (BWS) Sumatera IV Dr Ismail Widadi ST MSc mendampingi langsung tim dari Bina Marga di survei lokasi itu.

“Tim Bina Marga turun ke rencana tapak jembatan babin. Tinjau dan koreksi koordinat tapak dan 4 peer: Kabil, Tanjungsauh, Pulau Ngenang, Tanjungtalok, Lobam, Bintan,” kata Dr Ismail Widadi kepada suarasiber.

Tim Bina Marga, ujarnya, juga melaksanakan survei tinggi bebas rencana jembatan terhadap tinggi kapal tertinggi yang beroperasi. (mat)

Loading...