Yacht Dilaporkan Hilang, Ini Sebenarnya Terjadi

Loading...

TANJUNGPINANG (suarasiber) – Yacht atau kapal hobi MY Kribien II GT85 dikabarkan hilang saat melakukan perjalanan dari Batam ke Anambas. Ternyata kapal berpenumpang 9 Warga USA ini hanya hilang kontak sesaat karena ketiadaan sinyal di lautan.

Hal ini disampaikan Kabis Humas Polda Kepri Kombes Pol Drs S Erlangga, Kamis (13/6/2019). Pada hari itu Dipolairud Polda Kepri menerima kabar dari seseorang bernama Jefri bahwa ada yacht hilang kontak.

Yacht bernama KY Kribien II itu berangkat dari Nongsa Point Marina Batam menuju Anambas. Identitas kapal yang dilaporkan sebagai berikut:

  • Nama kapal MY Kribien II GT85, bendera Malaysia, agen: PT Pelayaran Citranstirta Tatasarana, pemilik kapal: Sea Passage PTE LTD.
  • Awak kapal terdiri dari Mark Weston Chamberlin, WN Amerika sebagai nakhoda/skipper. Kemudian Muhamad Nor dan Haroanto WN Indonesia sebagai kru.

Informasi awal soal hilangnya KY Kribien II sebenarnya dari Ming Ming, WN Singapura. Ia adalah salah satu keluarga rombongan yang ada di atas yacht itu.

Yacht berangkat 10 Juni 2019. Pada 11 Juni 2019 pihak keluarga rombongan coba menghubungi namun tak ada balasan. Upaya ini dilakukan beberapa kali menggunakan ponsel.

Ming Ming pun melapor ke coast guard Singapura dan petugas di Batam, Kepri, Indonesia.

Namun kira-kira pukul 11.59 WIB, kembali Jefri menginformasikan berhasil berkomunikasi dengan salah satu kru KY Kribien II, Haroanto. Kru ini mengabarkan kapal saat itu sampai di Pulau Air Abu (Kiabu) menuju Tarempa di Siantan. (mat)

Loading...