free page hit counter

Polres Ini Lombakan Sistem Keamanan Lingkungan

Loading...

TANJUNGPINANG (suarasiber) – Peringatan Hari Bhayangkara ke – 73 oleh Polres Tanjungpinang diisi dengan beragam kegiatan. Salah satunya lomba Sistem Keamanan Lingkungan (Poskamling).

Lomba Sistem Keamanan Lingkungan ini dilaksanakan oleh Satuan Pembinaan Masyarakat (Binmas) Polres Tanjungpinang. Lomba dimulai Selasa (18/6/2019) malam diikuti oleh perwakilan kecamatan se-Kota Tanjungpinang.

Pos Sistem Keamanan Lingkungan yang dilombakan terlebih dahulu akan dikunjungi oleh personel Sat Binmas. Para petugas melakukan penilaian dari beberapa aspek. Antara lain bangunan, fungsi, kelengkapan, sarana dan prasarana serta kesiapan baik petugas jaga dan lain sebagainya.

Penilaian Lomba Pos Sistem Keamanan Lingkungan

Poskamling harus melalui seleksi oleh Bhabinkamtibmas dan Kapolsek. Ini dilakukan di setiap kecamatan. Di Tanjungpinang terdapat 4 Polsek yang menaungi 4 kecamatan.

Keempat Polsek tersebut ialah Polsek Bukit Bestari, Polsek Tanjungpinang Timur, Polsek Tanjungpinang Kota dan Polsek Tanjungpinang Barat.

Setiap Polsek mengikutsertakan dua Poskamling terbaiknya untuk diperlombakan. Untuk Polsek Tanjungpinang Kota mengikutsertakan 1 Poskamlingnya sehingga total Pos Sistem Keamanan Lingkungan yang diperlombakan sebanyak 7 unit.

Kriteria Penilaian

Pos yang dinilai di malam perdana yaitu Poskamling RT 02 RW 13 Kampung Sidomulyo Kelurahan Batu IX Kecamatan Tanjungpinang Timur. Juga dinilai Poskamling RT 003 RW 008 Komplek Perum Griya Indonusa Lestari Kelurahan Air Raja.

KBO Sat Binmas Iptu Fauzi beserta Iptu Roswandi dan Aiptu Sagala turun ke lokasi Pos Kamling dan melakukan penilaian. Baik dari segi bangunan, kelengkapan petugas.

Di Poskamling juga harus tersedia buku mutasi, senter, tongkat, borgol, badge petugas, racun api (pemadam api), jam dinding. Termasuk juga pengeras suara dan alat komunikasi, senter, peluit, pentungan, jas hujan dan borgol.

Selain itu juga dijelaskan mengenai tata cara memukul lonceng yang baik dan benar. Tak lupa cara melakukan penangkapan terhadap orang dalam situasi mendesak.

Pertolongan Pertama kepada Warga

Kapolres Tanjungpinang AKBP Ucok Lasdin Silalahi, SIK, MH melalui Kasat Binmas AKP Tasriadi menyampaikan bahwa perlombaan Poskamling 2019 dalam rangka Hari Bhayangkara ke – 73.

Dilaksanakan untuk memberikan semangat serta lebih menggiatkan keberadaan dan pelaksanaan serta tugas fungsinya.

Menurut Kapolres, Poskamling memiliki banyak fungsi. Tidak hanya sebagai pos pengamanan semata, melainkan tempat memberikan pertolongan pertama kepada warga.

Pos Sistem Keamanan Lingkungan juga sarana petunjuk bagi masyarakat atau tempat bertanya apabila ada warga yang tersesat atau mencari alamat. Dengan tugas fungsinya, bangunan ini diibaratkan sebagai pos polisi kecil yang berada tengah warga. (mat)

Loading...