PLN 24 Jam di Tambelan Masih Sekadar Impian

Loading...

TANJUNGPINANG (suarasiber) – PLN 24 jam menyala di Tambelan, Kabupaten Bintan hingga era digital sekarang masih jadi impian. Ada banyak kendala, dan faktor penyebab ketidakmampuan listrik menyapa siang, dan malam di kecamatan itu.

Meski pahit, akan tetapi asa mendapatkan aliran listrik 24 jam tetap menyala. Paling tidak ini tergambar dari hasil pertemuan manajemen PLN Tanjungpinang dengan beberapa tokoh Tambelan, Senin (24/6/2019).

Pertemuan itu diikuti oleh Manager PLN Tanjungpinang Fauzan, dan manajer teknik, Arif. Dari tokoh Tambelan, antara lain Wan Samsi, dan Djumadi Yahya, Ketua Ikatan Keluarga Tambelan (IKT). Kemudian, Robby Patria, dan Effendi.

“Idul Adha diharapkan listrik Tambelan nyala (24 jam). Karena secara teknis sudah ok,” kata Robby Patria, tokoh muda Tambelan kepada suarasiber.com, Senin (24/6/2019).

Lapor Dulu ke GM PLN Riau Kepri

Kuatnya asa PLN 24 jam mengalir, tampak jelas pada kalimat di atas. Selain, keyakinan bahwa kampung halaman mereka akan segera terang benderang. Ini tampak dalam kalimat berikut yang disampaikan Robby.

“Pak Fauzan segera menyurati dan mengantar surat ke GM PLN Riau soal listrik Tambelan 24 jam,” tambah Robby.

Robby menambahkan, bahwa mesin pembangkit yang rusak, saat ini sudah dalam proses perbaikan. Jika sudah selesai, daya akan cukup.

Semua, imbuh Robby, sudah disiapkan PLN. Mulai dari operator, jaringan, dan minyak. Mesin ada tiga jadinya dengan cadangan Komatsu.

Sejatinya Anggaran Bukan Kendala PLN 24 Jam

Dari penjelasan Robby, tertangkap kesan bahwa anggaran jadi kendala listrik menyala 24 jam di Tambelan. Padahal, sesungguhnya anggaran itu bukan tidak ada atau cukup.

Buktinya, Kabupaten Bintan sendiri kini memiliki APBD sekitar Rp1 triliun. Dan, punya anggaran untuk perjalanan dinas yang besar. Baik di eksekutif maupun di legislatif.

Sedangkan PLN sendiri dapat untung wah atau laba bersih di tahun 2018, yaitu sekitar Rp11,6 triliun. Jumlah itu naik tinggi dibanding laba bersih 2017, yang berjumlah sekitar Rp4,4 triliun. Sebagaimana dirilis pln.go.id, Mei 2019 lalu.

Laba Bersih Kuartal I 2019 Rp4,2 Triliun

Jumlah laba bersih itu semakin meningkat pesat di kuartal pertama 2019. Hanya dalam empat bulan pertama ini, PLN sudah mencatatkan keuntungan bersih sekitar Rp4,2 triliun.

Hal ini disampaikan sendiri oleh Plt Direktur Utama PLN Djoko R Abumanan, yang disampaikan secara tertulis ke berbagai media, Senin (24/6/2019). Jumlah APBD Bintan, dan laba bersih PLN hanyalah gambaran.

Bahwa, anggaran sesungguhnya bukan kendala agar PLN 24 jam di Tambelan bisa terwujud. Pengumuman laba bersih di PLN.go.id, dan rilis dari Plt Dirut PLN, sebenarnya sudah gamblang.

Namun, perusahaan ini juga punya fungsi sosial, dan kini PLN 24 jam dinantikan ribuan warga di Tambelan. Harapan yang tak kunjung padam sepanjang 74 tahun Indonesia merdeka. (mat)

Loading...