Mabes Polri Bantu Kapal Komando Yudhistira 8003 untuk Kepri

Loading...

TANJUNGPINANG (suarasiber) – Mabes Polri memberikan bantuan berupa Kapal Polisi (KP) Yudhistira 8003 dan KP Baladewa 8002 untuk menjaga kedaulatan laut RI di wilayah hukum Polda Kepri. Kapolda Kepri Irjen Pol Andap Budhi Revianto SIK kehadirannya bisa memberikan pengabdian terbaik untuk masyarakat, bangsa dan negara.

Penyambutan pelayaran perdana KP Yudhistira di lautan Kepri dilaksanakan dengan coffe morning di atas KP Yudhistira 8003, di Pelabuhan Batuampar, Batam, Kepri.

Selain Kapolda Kepri, juga hadir Dirpolair Korpolairud Baharkam Polri Brigjen Pol Drs Lotharia Latif SIK, pejabat utama Polda Kepri, Dan Guskamla Armada I, Dandim 0316 Batam, Danlanal Batam, Atase Kepolisian Singapura, pimpinan instansi kemaritiman, Komandan Kapal KP Yudistira 8003 beserta awak kapal.

Brigjen Pol Drs Lotharia Latif berterima kasih atas sambutan Kapolda Kepri dan jajarannya. Ia pun mengingatkan, Presiden Joko Widodo pernah mengatakan bahwa kita sudah lama memunggungi lautan.

“Maka ke depan kita harus menjadikan lautan ini bagian dari kehidupan bagi bangsa Indonesia. Ini dijabarkan di dalam visi misi Presiden yang ingin menjadikan Indonesia sebagai poros maritim dunia,” lanjut Lotharia, seperti rilis yang dikirim Kabidhumas Polda Kepri Kombes Erlangga.

KP Yudistira 8003 diresmikan Kapolri pada HUT Polairud 1 Desember 2018. Merupakan markas komando berukuran panjang 73 meter dan lebar 11,35 meter.

Untuk menuju ke Kepri, KP Yudhistira 8003 berlayar dari Pelabuhan Tanjungpriok, Jakarta, 12 Juni 2019 dengan menempuh perjalanan 47 jam menuju Batam. Turut bersamanya adalah 30 awak kapal, 12 diantaranya Polwan.

Sementara Kapolda Kepri Irjen Andap Budhi mengucapkan terima kasih kepada Kapolri dan Kabaharkam Polri atas KP Yudhiatira 8003. Sebelumnya juga sudah ada bantuan KP Baladewa 8002.

“Kepri memiliki 2.048 pulau, 30 persen belum diberi nama. Untuk membangun kekuatan yang optimal kita dibantu kapal BKO dari Mabes Polri,” katanya.

Ia menginginkan semoga masyarakat Kepri merasakan kehadiran Polda Kepri karena Polri akan memberikan pengabdian terbaik untuk masyarakat, bangsa dan negara. (mat)

Loading...