free page hit counter

KPU Buktikan Quick Count Bukan Sihir Science

TANJUNGPINANG (suarasiber) – KPU (Komisi Pemilihan Umum) RI telah menetapkan perolehan suara hasil Pilpres, Selasa (21/5/2019) dini hari.
Pasangan Jokowi – Ma’ruf memperoleh sekitar 85.607.362 atau 55,50 persen, dan Prabowo – Sandi 68.650.239 atau 44,50 persen.

Pasangan 01 unggul di 21 provinsi. Termasuk di Provinsi Kepri. Pasangan 02 menang di 13 provinsi lainnya, salah satunnya di Provinsi Riau.

Kemenangan pasangan 01 itu, sebelumnya sudah diprediksi oleh sejumlah lembaga survei. Kemenangan itu diprediksi melalui metode hitungan cepat.

Sesuai Hasil Survei Hitungan Cepat

Dari hasil quick count hasil pencoblosan 17 April 2019 itu, ternyata hitungan dari lembaga survei LSI Denny JA, yang paling mendekati hasil rekapitulasi oleh KPU RI.

Usai pencoblosan, lembaga ini merilis pasangan Joko Widodo – Ma’ruf Amin memperoleh 55,38 persen suara.
Sedangkan pasangan Prabowo Subianto – Sandiaga Uno memperoleh 44,62 persen.

Hitungan ini hanya berselisih sekitar 0,12 persen dengan hasil rekapitulasi oleh KPU RI, Selasa (21/5/2019) dini hari.

Atas keakuratan hasil hitung cepatnya itu, Denny JA langsung menampilkan postinganan di akun Twitternya. Ditampilan juga prediksi pasca pencoblosan di akunnya, @DennyJA_WOLRD, Selasa (21/5/2019) pukul 04.30.

“Quick Count lembaga survei bisa dipercaya. Sebulan sebelum KPU umumkan hasil resmi, Quick Count sudah umumkan Jokowi menang. Selisih Quick Count LSI Denny JA yang paling kecil, yang dipublikasi tanggal 17 April 2019 (0, 12 persen).”

Quick Count Bukan Sihir Science

Ratusan tuit langsung menanggapi postingan itu. Antara lain dari Fajar Postman @Fajardwirianto, “Selamat Pak Denny selisih QCnya paling kecil!!.’

Dari akun vovals @Bunga, juga membalas dengan tuits yang menarik. “Smoga d pemilu berikutnya lembaga survei dn QC bukan untuk d serang,d ancam dn d rendahkan oleh peserta pemilu yg kalah..dn kita apresiasi LS yg sdh ikut bekerja krs mensukseskan pemilu 2019.”

Komen menarik ditulis juga oleh gerunggering melalui akun @temanku7. “Jadi terbukti quick count itu bukan sihir scienceā€¦”

Keakurasian hitungan cepat LSI Denny JA diapresiasi juga oleh #naga betina” melalui akun @Amanda010206. “Luar biasa tingkat akurasi hampir sempurna
Tetap semangat.”

Sebelum Pilpres dilaksanakan LSI Denny JA juga sudah memrediksi kemenangan Jokowi – Ma’ruf Amin. Sesuai dengan rilis yang diterima redaksi saat itu, pasangan 01 ini diprediksi menang dengan selisih dua digit.

Lembaga ini juga merilis Partai PDIP akan menjuarai Pemilu 2019. Dan, enam parpol lainnya perlu big bang untuk lolos ambang batas. Prediksi yang juga tepat. (mat)

Bagikan berita
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •