Ada City Tour di Sail to Natuna Yacht Rally 2019

Loading...

TANJUNGPINANG (suarasiber) – Sail to Natuna Yatch Rally 2019 akan berlangsung 10 – 15 Juni mendatang. Di acara ini ada yang menarik dan dinanti peserta, yaitu city tour atau keliling Natuna.

Kepala Disbudpar Kabupaten Natuna, Hardiansyah, mengungkapkan setidaknya akan ada 32 yacth peserta. Mereka berasal dari mancanegara yang ambil bagian pada Sail To Natuna tahun ini. Untuk menyemarakkan acara, telah disiapkan beragam acara pendukung.

“Agar acara lebih meriah, nantinya akan ada banyak lomba. Misalnya Lomba Kupas dan Kukur Kelapa, Lomba Tepuk Bantal, Tari Balon,” ujarnya
Rabu (8/5/2019), seperti dilansir dari kemenpar.go.id.

Dan satu lagi acara yang dinantikan para peserta ialah City Tour. Di sini para peserta akan dibawa berkeliling menikmati pariwisata dan kuliner tradisional Natuna.

City Tour Disambut Warga

Keliling kota yang dibuat menyemarakkan Sail to Natuna Yatch Really 2019 mendapatkan sambutan positif warga. Rata-rata warga memberikan dukungan sebab mereka bisa berinteraksi langsung dengan para wisatawan mancanegara yang juga peserta lomba yacht rally.

Sedikit banyak pasti ada yang menarik hati para peserta sehingga berpeluang untuk datang lagi ke Natuna kelak.

Sementara itu, Kepala Dispar Kepri Buralimar menambahkan, wilayah Kepulauan Riau memiliki potensi wisata bahari yang cukup indah dan potensial untuk diangkat ke dunia internasional. Potensi tersebut menyebar hampir di seluruh kabupaten/ kota, salah satunya di Natuna.

“Sail to Natuna Yatch Really 2019 menjadi salah satu upaya kami untuk mempromosikan potensi pariwisata bahari di Provinsi Kepulauan Riau. Dengan kegiatan ini, kami berharap dapat lebih mengangkat keindahan laut yang ada di sini, sehingga berdampak pada tingkat kunjungan wisatawan,” ungkapnya.

Rangkaian Festival Bahari Kepri

Deputi Bidang Pengembangan Pemasaran I Kemenpar Rizki Handayani mengatakan, Sail to Natuna Yatch Really 2019 masuk dalam rangkaian Festival Bahari Kepri.

Untuk Festival Bahari sendiri, meliputi beragam kegiatan. Mulai dari Nongsa Reggata Batam, Sail to Lingga, Sail to Natuna, Sail to Anambas pada Juli, dan puncaknya akan berlangsung pada September 2019 nanti.

“Festival Bahari Kepri merangkum serangkaian acara. Mulai dari kegiatan bahari, seni budaya, permainan tradisional, hingga kuliner. Event ini sejalan dengan program Sail Nasional untuk memperkenalkan potensi wisata bahari Kepri ke yachters dan boaters luar negeri,” jelasnya.

Bergengsi Skala Internasional

Asdep Bidang Pengembangan Pemasaran I Regional I Kemenpar Dessy Ruhati menegaskan, event ini sudah menjadi kegiatan bergengsi skala internasional sejak beberapa tahun terakhir. Ia berharap, tahun ini kegiatan tersebut bisa mendongkrak angka kunjungan wisatawan mancanegara, melebihi tahun 2018.

“Kami sangat optimis target 4 juta wisman untuk Kepri bakal tercapai dengan mudah. Event ini bisa mengandalkan wisatawan cross border karena Kepri berada di wilayah berpatasan antara Singapura dan Malaysia,” terangnya.

Menteri Pariwisata Arief Yahya menuturkan, Kepri menjadi salah satu daerah penggiat cross border tourism yang cukup diandalkan. Kepri mulai menjadi primadona karena banyak atraksi yang ditawarkan. Bukan hanya jenis sport tourism, tapi ada juga wisata belanja, kuliner, budaya, bahkan sejarah.

“Tahun ini, Kepri menyiapkan 46 event pariwisata unggulan. Antara lain Festival Bahari Kepulauan Riau yang masuk top 100 event Wonderfull Indonesia. Hampir semua event ada di Kepri, dan semua sukses mendatangkan wisatawan,” tegasnya.

Loading...