Wisata Alam Bintan jadi Tujuan Caribbean Cruises

Loading...

TANJUNGPINANG (suarasiber) – Wisata alam Bintan ternyata tak hanya mengundang ketertarikan turis asing yang pelesir dengan Genting Dream. Kapal pesiar terbesar di dunia, Caribbean Cruises segera menurunkan penumpangnya di Bintan.

Rencananya, manajemen kapal pesiar yang berkantor di Miami ini datang ke Bintan 2 Mei 2019. Pertama kali datang ke Bintan, kapal membawa 4 ribuan turis asing.

AVP Managing Director Asia Pacific Royal Caribbean Cruises, Angie Stephen saat berkunjung ke Pemkab Bintan, Selasa (23/4/2019). Foto – humas bintan

“Untuk pertama ini, kami bawa 4 ribu turis ke Bintan. Selanjutnya 5 ribuan orang,” ungkap AVP Managing Director Asia Pacific Royal Caribbean Cruises, Angie Stephen, Selasa (23/4/2019).

Sebelum memberangkatkan ribuan turis asing, Angie memang sudah terlebih dahulu mengadakan pembicaraan. Pertemuan dilakukan di Kantor Bapelitbang, Bintan, hari itu.

Selain Angie, hadir juga Port Operation Manager – South East Asia Royal Caribbean Cruises James Ngui, perwakilan Kemenko Kamaritiman Rahmat Hidayat. Sementara dari PT Bintan Resort Cakrawala (BRC) datang Group General Manager (GGM)-nya, Abdul Wahab.

Dari Pemkab Bintan ada Bupati Bintan Apri Sujadi, Kadisbudpar Bintan Wan Rudi Iskandar serta Kepala DPMPTSP Hasfarizal Handra.

Pulau Bintan Menjadi Persinggahan Pertama

Disampaikan oleh Angie, kedatangan Caribbean Cruises pada 2 Mei 2019 merupakan pelayaran pertama ke Indonesia. Dan wisata alam bintan dipilih karena berdasarkan banyak referensi.

Salah satunya ialah kunjungan rutin yang sudah lebih dahulu dilakukan kapal pesiar lain, Genting Dream.

Kunjungan kapal-kapal pesiar mewah ke Pulau Bintan bukan pekerjaan mudah. Sebelumnya, PT BRC Lagoi dan Pemkab Bintan membahas kerja sama dengan Genting Dream. Itu terjadi pada tahun 2018.

Genting Dream merupakan kapal pesiar yang melayani orang-orang kaya yang ingin pelesir dengan rute awal dari Singapura. Tujuannya adalah tempat-tempat eksotis di dunia. Salah satunya ialah Bintan.

Berharap Kemudahan Kerja Sama

Semua pihak sudah berkoordinasi untuk kedatangan Caribbean Cruises ke Bintan. Foto – humas bintan

Angie Stephen meminta semua pihak di Bintan memberikan kemudahan kerja sama.

“Kami akan sangat bahagia jika turis yang dibawa Caribbean Cruises mendapatkan pelayanan yang terbaik,” katanya.

Pelayanan kepada turis asing, sebut Angie, merupakan hal penting yang akan membekas di hati. Dengan demikian, pelancong mancanegara tadi menceritakan keramahan masyarakat Bintan dan tentu saja wisata alam Bintan yang menawan.

“Pulau Bintan menjadi model bagi turis maupun manajemen Royal Carribbean Cruises. Di Bintan kami akan menganalisa,” ujar Angie.

Hasil analisa itu akan digunakan untuk mengambil kebijakan di tubuh manajemen Caribbean Cruises.

Jika sesuai harapan, Caribbean Cruises tidak menutup kemungkinan berlayar ke destinasi wisata lain di Indonesia. Salah satunya ialah Pulau Dewata, Bali.

8 Kapal Pendamping Berkapasitas 200 Penumpang

Pelabuhan Bandar Bentan Telani. Foto – instagram/ultravimar

Kedatangan kapal sebesar Caribbean Cruises tentu tak bisa merapat ke Pelabuhan Bandar Bentan Telani (BBT), Lagoi.

Proses membawa ribuan turis asing dari perut Caribbean Cruises ke daratan sama dengan yang dilakukan Genting Dream.

Penumpang akan dibawa dari tengah laut, tempat Caribbean Cruises buang jangkar, ke daratan dengan kapal pendamping.

Hal ini dijelaskan oleh GGM PT BRC Lagoi, Abdul Wahab.

Apa yang disampaikan Wahab dibenarkan oleh Angie. Perempuan ini menyebutkan, pihaknya sudah menyiapkan 8 kapal pendamping untuk mengangkut penumpang dari kapal ke Pelabuhan Bandar Bentan Telani, Lagoi.

Setiap kapal mampu membawa 200-an orang sekaligus. Dari 8 yang dimiliki, nanti hanya 6 kapal pendamping saja yang dioperasikan.

Nikmati Keindahan Bintan dan Tanjungpinang

Keindahan Pantai Trikora, Pulau Bintan, akan dikunjungi turis yang dibawa Caribbean Cruises, Mei mendatang. Foto – instagram/anggunnov.my

Selama berada di darat, ribuan turis asing yang dibawa Caribbean Cruises akan mengunjungi beberapa lokasi wisata alam Bintan.

Selain Lagoi yang menjadi dsetinasi wsiata utama, mereka juga akan dibawa ke Tanjunguban dan Trikora. Bahkan para turis juga akan diajak menikmati keindahan lokasi wisata di Kota Tanjungpinang.

Karena kapal yang akan datang merupakan kapal pesiar terbesar di dunia dengan ukuran yang besar, koordinasi harus dijaga. Hal ini disampaikan Abdul Wahab, guna memberikan rasa aman dan nyaman bagi turis asing selama menikmati wisata alam Bintan.

Abdul Wahab mengaku mendapatkan permintaan dari Bupati Bintan, Apri Sujadi untuk mempercepat penambahan kamar hotel. Kekurangan kamar hotel ini senantiasa terjadi.

Kondisi ini terjadi biasanya saat digelarnya event-event wisata skala internasional di Bintan. (man)

Loading...