PDIP – Golkar Berebut Juara di Kota Tanjung Pinang

Loading...

TANJUNGPINANG (suarasiber) – Peta persaingan politik memperebutkan kursi di DPRD Kota Tanjung Pinang melalui Pemilu 2019, berlangsung sengit. Penyebaran kursi dewan juga lebih merata.

Tidak ada partai politik (parpol) yang meraih suara mayoritas seperti di Bintan, yang dikuasai Partai Demokrat (9 kursi dari 25 kursi). Dan, Lingga yang dikuasai Partai NasDem (9 kursi dari 20 kursi).

Dari hasil penghitungan sementara yang diperoleh redaksi suarasiber.com, Selasa (23/4/2019), dua partai bersaing ketat memerebutkan kursi ketua dewan, PDIP dan Golkar.

Kedua partai senior ini sama-sama meraih 5 kursi di dewan kota. Menurut Agus Djurianto Sekretaris PDIP Kota Tanjung Pinang, kelima kursi itu diperoleh merata. Rinciannya:

  1. Dapil Tanjungpinang Barat/Kota 2 kursi.
  2. Dapil Tanjungpinang Timur 2 kursi.
  3. Dapil Bukit Bestari 1 kursi.

Agus, optimis partainya bisa memertahankan jabatan ketua dewan.

Golkar dan PDIP Identik Raih 5 Suara

Perolehan suara PDIP itu identik dengan yang diperoleh Partai Golkar. Yang juga sudah meraih 5 kursi di dewan kota.

Menurut Ade Angga, Ketua Golkar Kota Tanjung Pinang perolehan kursi partai ini juga merata dari tiga dapil. Rinciannya:

  1. Dapil Tanjungpinang Barat/Kota 1
  2. Dapil Tanjungpinang Timur 2 kursi.
  3. Dapil Bukit Bestari 2 kursi.

Selain kedua partai itu, Partai Nasdem yang di Pemilu 2014 tidak memiliki kursi di dewan kota, kini menyodok dengan raihan 4 kursi. Rinciannya:

  1. Dapil Tanjungpinang Barat/Kota 1
  2. Dapil Tanjungpinang Timur 1 kursi.
  3. Dapil Bukit Bestari 2 kursi.

Mengingat meratanya perolehan kursi di kota ini, Ketua NasDem Tanjungpinang Bobby Jayanto, yakin Partai NasDem duduk di kursi pimpinan dewan kota.

“Kalau tidak ada perubahan yang berarti, kita yakin bisa jadi salah satu pimpinan dewan kota,” ujar Bobby.

PDIP dan Golkar Bersaing Jabatan Ketua Dewan

Di DPRD Kota Tanjung Pinang tersedia 30 kursi. Berdasarkan data sementara yang diperoleh suarasiber.com, baru 14 kursi yang sudah diambil oleh 3 parpol peserta Pemilu 2019.

Ketiga parpol itu, PDIP, Golkar, dan NasDem. Ketiganya juga bersaing untuk kursi pimpinan dewan. Khususnya PDIP dan Golkar yang memperebutkan kursi Ketua Dewan.

Saat ini ketua dewan dijabat Suparno dari PDIP, wakil I Ade Angga dari Golkar. Dan, wakil II Ahmad Dani dari Hanura.

Sedangkan Partai NasDem yang jadi pendatang baru di dewan kota, mengincar kursi Wakil Ketua Dewan. Belum diperoleh keterangan siapa-siapa yang nantinya akan ditunjuk partainya. Untuk memimpin lembaga legislatif di Kota Tanjung Pinang periode 2019 – 2024. (mat)

Loading...