free page hit counter

Kementerian PUPR Bangun Rumah untuk Warga Miskin di Natuna

TANJUNGPINANG (suarasiber) – Kementerian PUPR, Pemprov Kepri dan Pemkab Natuna bersinergi. Hasilnya berupa rumah khusus untuk warga kurang mampu.

Bupati Natuna, Hamid Rizal secara resmi meresmikan penggunaan rumah tersebut, Rabu (10/4/2019). Perumahan ini dibangun di Desa Tanjung, Kecamatan Bunguran Timur Laut, Natuna.

Peresmiannya dihadiri oleh perwakilan dari Satuan Kerja Non Vertikal Penyediaan Perumahan Provinsi Kepri. Dari pemkab Natuna hadir Asisten Administrasi, Pimpinan OPD, camat dan kades setempat.

“Rumah ini terbangun berkat kerjasama yang baik. Antara Kementerian PUPR, Pemprov Kepri dan Pemkab Natuna,” ujar Hamid, dilansir dari natunakab.go.id, Ahad (14/4/2019) malam.

Baca Juga: Tim Bina Marga Kementerian PUPR Survei Lokasi Pembangunan Jembatan Batam Bintan

Pemkab Natuna menyediakan lahannya, kemudian mengirimkan proposal ke Pemprov kepri. Sementara Kementerian PUPR membangun rumahnya.

“Meski ukurannya kecil, semoga aset ini benar-benar dapat dimanfaatkan sebagaimana mestinya,” tambah Hamid.

Ia berpesan agar dijaga agar tidak diubah. Karena hal tersebut merupakan kebijakan kementerian PUPR yang harus dipatuhi. Lagipula aturan itu memiliki kekuatan hukum berupa sanksi terhadap pelaku yang sengaja mengubah bentuk rumah asal.

Aturan dari Kementerian PUPR

Hamid mengakui kedepan pemerintah daerah akan berupaya untuk mencari solusi. Agar rumah tersebut bisa dimodifikasi sesuai kebutuhan. Dengan demikian memiliki luas ruangan yang lebih memadai.

Kepala Dinas Perumahan Rakyat, Kawasan Pemukiman dan Pertanahan Kabupaten Natuna, Hendra Kusuma melaporkan rumah ini butuh proses panjang.

“Diawali dengan survei. Lalu diajukan proposal ke Satuan Kerja Non Vertikal Penyediaan Perumahan Provinsi kepri,” jelasnya.

Prosesnya pengajuannya ke Pemprov kepri sudah mulai dilakukan tahun 2017. Namun setelah melewati kajian, baru terealisasi pada tahun 2018.

Baca Juga: Kementerian PUPR Alokasikan Rp 1,4 Triliun Untuk Bangun Rumah Khusus

Rumah khusus yang dibangun ini diperuntukkan bagi masyarakat berpenghasilan rendah. Seperti nelayan, masyarakat yang terkena dampak pembangunan dan bencana alam. Juga masyarakat yang berdomisili di wilayah terpencil dan tertinggal.

Hendra juga melaporkan bahwa terdapat 50 unit rumah tipe 28 yang merupakan program kerja percontohan bagi Kabupaten/Kota di Kepulauan Riau.

“Dan tahun ini hanya direalisasikan di Kecamatan Bunguran Timur Laut Kabupaten Natuna,” pungkas Hendra.

Senada dengan Hamid, Hendra pun berharap bentuk perhatian pemerintah ini bisa dijaga dengan baik. (mat)

Bagikan berita
  • 80
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •