Tangkap Kapal Ikan Vietnam, KRI Bung Tomo 357 Lepaskan Tembakan ke Kapal Pemerintah Vietnam

Loading...

TANJUNGPINANG (suarasiber) – Pemerintah Indonesia melalui Kementerian Kelautan dan Perikanan mengecam kapal pemerintah Vietnam, yang menghalangi proses penangkapan 4 kapal ikan Vietnam. Yang melakukan penangkapan ikan ilegal di wilayah perairan Natuna.

Akhirnya kapal-kapal pencuri ikan diamankan di Mako Lantamal IV Tanjungpinang. f-twitter.com/susi pudjiastuti

Kecaman disampaikan melalui akun Twitter Menteri Kelautan Perikanan @susi pudjiastuti, Selasa (26/3/2019). Di video yang diunggah di akun Susi tersebut, disebutkan kapal Vietnam Fisheries Resources Surveillance (FVRS) 2142124 dan 214263 melakukan manuver berbahaya di depan KRI Bung Tomo.

KRI Bung Tomo saat itu tengah melakukan penangkapan terhadap 4 kapal ikan Vietnam. Keempat kapal Vietnam itu, adalah BV 525 TS, BV 9487, BV 4923 TS dan BV 525.

Atas manuver itu KRI Bung Tomo 357 sempat melepaskan tembakan ke arah perairan di depan haluan kapal pemerintah Vietnam. Dan, kapal itu pun menghindar serta tak lagi melakukan manuver berbahaya di depan kapal perang Indonesia.

Baca Juga:

Aset Pemprov Kepri Jadi Milik Pribadi?

Polsek Tanjungpinang Kota Galakkan Patroli Jalan Kaki

Kebakaran di Desa Bukit Padi Ancam Aktivitas Bandara Letung

Tommy Soeharto: Selama 21 Tahun Sektor Pertanian Jalan di Tempat

Di akun Twitternya, Susi, menyebutkan saat ini keempat kapal ikan Vietnam itu diamankan di Lantamal IV Tanjungpinang. Puluhan kru kapal ikan itu juga ikut diamankan.

Susi juga menegaskan, kapal ikan yang ditangkap akan ditenggelamkan. Bukan dilelang.

“Simak: TNIAL menangkap kapal2 ilegal fisihing Vietnam. Dimana Nurani kita? Kapal2 tangkapan dilelang & dibeli kembali oleh mereka – dipake untuk mencuri lagi kita tangkap- terus akan berlanjut hal yang sama? TIDAK & TIDAK.TENGGELAMKAN SEMUA KAPAL PENCURI IKAN!!!” (mat)

Loading...