Posisi Geografis Kepri Harus Memberi Keuntungan Besar untuk Negeri Ini

Loading...

JAKARTA (suarasiber) – Gubernur Kepri, H Nurdin Basirun melihat posisi Kepri yang berbatasan langsung dengan negara tetangga bisa dimanfaatkan untuk memberi kuntungan pada negeri ini. Kawasan Logistik Berikat adalah kebijakan yang bisa diterapkan.

“Kami ingin Kepri sebagai Kawasan Logistik Berikat. Apalagi, Kepri berhadapan langsung dengan banyak negara tetangga. Posisi ini harus memberi keuntungan besar untuk negeri ini,” kata Nurdin usai menghadiri Pelantikan Kepala BP Batam di Kementerin Perekonomian, Jakarta, Senin (7/1/2019).

Gubernur menyampaikannya kepada Menteri Perdagangan Enggartiasto Lukita dan Dirjen Bea Cukai Heru Pambudi. Bagi Nurdin, status Kawasan Logistik Berikat di Kepri akan banyak keuntungan yang didapat.

Baca Juga :

9 Bulan Menjabat Kajati Kepri, Asri Agung Masih Ingat Dihajar Ombak Basah Kuyup

KKSS Kepri Kecam Tuntutan Pengusiran Ady Pawennari dari Bumi Bunda Tanah Melayu

BRI Serahkan CSR Rp250 Juta untuk Masjid, Kajati Sebut Doanya Terkabul

Panggilan Radio Tak Digubris, Kapal Tanker Dihadang Patroli AL

Pemerintah, pada Septemberi 2015 memang mengeluarkan Kebijakan Ekonomi Volume II dengan membentuk Pusat Logistik Berikat (PLB). PLB diharapkan dapat mengurangi biaya logistik dan transportasi, serta mendukung pertumbuhan industri – industri domestik, termasuk kelas kecil dan menengah, meningkatkan investasi asing dan lokal serta dapat membantu membina Indonesia sebagai pusat logistik di kawasan Asia Pasifik.

PLB merupakan gudang logistik multi fungsi yang digunakan oleh importir dan eksportir untuk menyimpan barang – barang yang berasal dari luar wilayah pabean Indonesia dan/atau dari tempat lain di wilayah pabean Indonesia.

Nurdin juga menambahkan, bila memungkinkan akan lebih bagus jika Kepri berstatus PLB khusus sembako. Selain mempermudah masuknya investasi di Kepri, bisa menjadi hub logistik di Indonesia dan Asia.

“Ini semua untuk percepatan pembangunan dan pembukaan lapangan kerja,” kata Nurdin. (mat)

Loading...