Lantamal IV Kenang dan Hargai Pahlawan Pertempuran Arafuru

Loading...

TANJUNGPINANG (suarasiber) – Pertempuran Laut Arafuru zaman penjajahan memiliki makna heroik dan nasionalsime yang tinggi. Kini, pertempuran itu dikenang oleh prajurit Lantamal IV Tanjungpinang dalam bentuk doa bersama, pemutaran film dokumenter dan menyanyikan lagu Gugur Bunga.

Kegiatan dilaksanakan di Aula Yos Sudarso Markas Mako Lantamal IV, Batuhitam, Tanjungpinang, Senin (15/1/2019). Dimulai dengan mengheningkan cipta, pembacaan amanat Kasal Laksamana TNI Siwi Sukma Adji, pemutaran film Pertempuran Laut Arafuru diakhiri menyanyikan Gugur Bunga.

Amanat Kasal yang dibacakan Aspers Danlantamal IV Kolonel Laut (K) Acep Maksum menegaskan mengenang Pertempuran Laut Arafuru bertujuan memberikan penghargaan setinggi-tingginya kepada para pahlawan dan mewariskan nilai-nilai luhur para penerus untuk dapat diaktualisasikan dalam tugas-tugas kekinian.

Baca Juga :

400 Sertifikat Tanahnya Ditahan, Ratusan Warga Linau, Lingga, Ancam Demo ke Istana Negara

Gantikan Arif Jumana di DPRD Bintan, Harbaiyah Mulai Ngantor Selasa Pekan Depan

Menko Kemaritiman Bahas Ekspor Air dari Bintan

Anggota Lantas Bintan Ikut Bantu Padamkan Api

Nilai-nilai kepahlawanan pertempuran Laut Arafuru yang mencakup sikap ksatria, rela berkorban, pantang menyerah dan tetap gigih sampai akhir sangat relevan untuk digunakan sabagai spirit mewujudkan Indonesia sebagai poros maritim dunia.

“Penguatan lima pilar poros maritim dunia membutuhkan para pelaku yang memilki karakter sumber daya manusia maritim seperti integritas, keberanian menghadapi resiko, dedikasi, loyalitas, mengutamakan kepentingan bersama teguh pada tujuan yang sebenarnya merupakan proyeksi dari nilai-nilai luhur pertempuran Laut Arafuru,” ujar Acep, membacakan perkataan Kasal.

Doa bersama dan Nobar tersebut dilaksanakan malam hari pukul 20.00 WIB seusai pelaksanaan Upacara Peringatan Hari Dharma Samudera pada pagi hari. Kegiatan tersebut dihadiri Para Asisten Danlantamal IV, Kepala Keuangan Wilayah dan Komandan Satrol Lantamal IV serta Kepala Dinas dan Kepala Satuan Kerja dan diikuti seluruh perwakilan personel baik militer maupun Pegawai Negeri Sipil yang berasal dari Lantamal IV, Rumkital Dr Midiyato Suratani, Wing Udara 2, Lanudal TPI, Yonmarhanlan IV TPI dan Ibu-Ibu Jalasenastri Korcab IV Daerah Jalasenastri Armada I. (mat)

Loading...