KM Dua Bersaudara 88 Tenggelam Saat Digiring ke Kantor Wilayah DJBC Kepri

Loading...

KARIMUN (suarasiber) – KM Dua Bersaudara 88 yang bertolak dari Malaysia ke Selatpanjang tenggelam di perairan Rangsang Barat, Jumat (18/1/2019) sekitar pukul 16.45 WIB. Kapal ini tenggelam saat ditarik kapal Patroli BC 20004 milik Kanwil DJBC Kepri.

Tenggelamnya KM Dua Bersaudara 88 pun menimbulkan sejumlah pertanyaan. Seperti kapal ditenggelamkan, terjadi kesalahan prosedur yang dilakukan petugas BC bahkan status barang yang dimuat kapal tersebut. Namun Humas Kanwil DJBC Kepri, Refly F Silalahi menyebutkan penyebab KM Dua Bersaudara 88 karena cuaca buruk.

Refly menjelaskan rangkaian kejadian, berawal pada Jumat itu, pukul 16.30 WIB kapal Patroli BC 20004 bertemu dengan KM Dua Bersaudara 88 yang kondisinya mengapung di Perairan Tanjungkungkung.

“KM Dua Bersaudara mengalami kerusakan. Kami melakukan pertolongan untuk mengatasi kerusakan,” ujar Refly.

Sambil memberikan pertolongan perbaikan kapal, petugas BC juga memeriksa dokumen kapal. Pemeriksaan awal didapati manifest yang diberitahukan nil cargo, padahal kapal itu penuh dengan muatan.

Baca Juga :

Polres Karimun Sosialisasikan Millennial Road Safety Festival ke Pelajar

Finger Print Belum Mengubah Tradisi Pegawai Nongkrong di Kedai Kopi

Belasan Pegawai Pemko Tanjungpinang Terciduk di Kedai Kopi saat Jam Dinas

Being in Love, Tema Hari Kasih Sayang di Hotel Golden View

Diduga ada pelanggaran kepabeanan, begitu kapal dinyatakan laik berlabuh maka digiring ke Kanwil DJBC Kepri. “Namun di tengah jalan cuaca memburuk membuat kondisi KM Dua Bersaudara 88 semakin parah. Akhirnya tenggelam di perairan Rangsang Barat,” jelas Refly.

Petugas BC menyelamatkan nakhoda dan ABK KM Dua Bersaudara 88 serta beberapa barang yang mungkin dipindahkan. Tentang jenis barang yang dimuat kapal itu, Refly belum menjelaskan secara rinci. Ia hanya memastikan pihaknya tengah memproses penyidikan terhadap KM Dua Bersaudara 88. (mat)

Loading...